Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengupgrade atau Menambah Ram di Laptop

Cara Mengupgrade atau Menambah Ram di Laptop

Teknoblas.com - Cara Mengupgrade atau Menambah Ram di Laptop bisa dilakukan apabila kapasitas RAM bawaan terasa masih kurang untuk Sistem Operasi ataupun untuk aktifitas kerjaan yang kita lakukan.

Fungsi RAM di laptops sendiri yaitu sebagai tempat penyimpanan sementara ketika laptop sedang menjalankan proses termasuk sistem operasi ataupun software-software yang sering digunakan.

Ukuran RAM yang umum disematkan pada laptop dari bawaan pabrik ketika artikel ini ditulis yaitu 4GB atau 8GB untuk laptop dengan spesifikasi tinggi, dan ukuran RAM 4GB terasa sangat kurang untuk komputasi sekarang.

Info Laptop Pilihan :
Tanda kapasitas RAM Laptop harus diupgrade atau ditambah bisa dirasakan ketika sedang mengerjakan suatu task ataupun dengan mengeceknya pada task manager ketika aplikasi yang sedang kita gunakan aktif.

Pertimbangan Ketika Akan Ganti RAM

Pertimbangan Ketika Akan Ganti RAM

1. Sistem Operasi Windows 10 di Laptop saja ketika posisi idle atau tidak ada software lain terbuka sudah memakan lebih dari 2GB yang artinya lebih dari setengan kapasitas RAM bawaan.

2. Kemudian untuk menggunakan software editing seperti photoshop saja sudah menggunakan hampir 3GB termasuk sistem operasi, belum aplikasi lainnya.

3. Software-software yang digunakan terasa lemot dan lelet ketika akan membuka.

4. Cobalah buka task manager di saat software yang biasa kamu gunakan aktif, jika prosesor relatif stabil tapi RAM terpakai diatas 75% maka sangat disarankan untuk menambah jumlah kapasitas RAM.

5. Mungkin tanda lainnya terlihat ketika melakukan booting atau menghidupkan laptop, apabila RAM sangat mepet dan kurang maka booting akan terasa lambat, walaupun tidak hanya RAM yang bekerja pada proses ini, kecepatan Storage utama juga berpengaruh.

Nah, kalau kamu merasakan tanda-tanda tersebut berarti lebih baik lakukan upgrade RAM atau menambah kapasitasnya.

Cara Cek Ram Laptop Sebelum Upgrade


Cara Cek Ram Laptop Sebelum Upgrade

Sebelum kamu membeli RAM laptop, lebih baik di cek terlebih dahulu laptop kamu menggunakan spesifikasi RAM seperti apa jadi tidak terjadi kesalahan ketika nanti memutuskan untuk membelinya dan bisa langsung dipasang.

1. Untuk mengecek RAM maka kamu bisa melepas RAM dari Laptop atau menggunakan aplikasi seperti Speccy. Kalau saran saja sih lebih baik RAM dilepas dari laptop dan pada ram tersebut akan terdapat spesifikasi dari RAM yang digunakan.

2. Cek juga pada situs resmi laptop kamu mampu menampung berapa kapasitas RAM maksimal, jangan terpacu pada 1r atau 2r, kalau ada 2 slot artinya kamu bisa menambah sampai kapasitas maksimal.

3. Misalnya seperti Teknoblas akan melakukan upgrade, RAM bawaan memiliki spesifikasi :

4GB 1Rx16 PC4 2666v SCO 11

4GB 1Rx16 PC4 2666v SCO 11

Maka fokus saja ke bagian PC4 2666V yang artinya PC4 = DDR4 dan 2666v mungkin speednya di 2666mhz. "Mungkin" karena Teknoblas sendiri kurang yakin arti 2666v pada waktu itu dan cari saja referensi di internet yang dapat :

4GB 1Rx16 PC4-2666V-SCO-11 DDR4 2666MHz SODIMM notebook RAM

Yang artinya, laptop ini menggunakan RAM berspesifikasi DDR4 2666MHz.

4. Pastikan terlebih dahulu dengan software Speccy, maka detail kecepatan dan tipe RAM akan muncul. Fokuslah pada bagian "Max-Bandwith".

5. Upgrade total atau Menambah RAM. Pilihan berikutnya kamu akan mengupgrade semuanya atau hanya menambah saja, apapun itu pastikan sesuai dengan 2hal yaitu kecepatan RAM harus sama seperti pada poin nomor 4 dan total kapasitas ram setelah diupgrade atau ditambah tidak lebih dari kapasitas RAM maksimal seperti poin nomor 2.

6. Langkah selanjutnya tentu saja kamu harus membeli RAM nya, apabila ingin upgrade total maka beli 2 pcs RAM dengan spesifikasi yang sesuai, jika maksimal kapasitas 16GB maka belilah 2x8GB. Dan kalau hanya ingin menambah maka 4GB ( ram bawaan ) + 1 keping RAM GB karena nanti totalnya akan 12GB (kapasitas RAM masih dibawah batas maksimal).

RAM berspesifikasi DDR4 2666MHz

7. Kalau soal Merk dari RAM sih bebas, yang jelas disarankan untuk beli RAM dari merk yang cukup terkenal dan garansinya panjang, misalnya Vgen. Adata. Kingstone. Team elite dan sebagainya.

Cara Mengupgrade atau Menambah Ram di Laptop


Setelah beli RAM sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan, maka berikutnya tinggal dipasangkan saja ke laptop, yang penting Tipe RAM yaitu DDR dan kecepatan yaitu Mhznya sama maka tidak akan menjadi masalah.

- Cara buka laptop untuk mengakses slot RAM bisa kamu lihat di Youtube dan cari dengan keyword " Cara membuka cover bawah laptop seri ... " gunakan seri laptop kamu agar cara buka nya sesuai.

- Karena sekarang laptop menggunakan baterai Tanam, maka disarankan untuk melepas baterai tersebut terlebih dahulu agar meminimalisir resiko konslet.

- Pasangkan saja RAM yang dibeli tadi pada slot yang kosong sesuai soketnya dan sedikit ditekan sampai bunyi "klik".

- Kemudian pasangkan kembali baterainya, tutup kembali cover bawah laptop dan cek kembali pada task manager atau Speecy apakah RAM sudah bertambah atau belum, kalau tipe dan kecepatan sama seharusnya kapasitas RAM akan menambah secara otomatis.

Saran Terbaik Cara Mengupgrade atau Menambah Ram di Laptop


Mungkin kamu bingung dan takut salah beli RAM atau mungkin takut dengan resiko konslet, maka saran terbaik untuk cara mengupgrade RAM laptop kamu ya dengan bawa laptop tersebut ke toko Komputer yang melayani jasa upgrade hardware, mungkin price nya akan lebih mahal namun disisi lain kamu tidak perlu repot-repot bongkar dan membeli RAM sendiri.