Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Aplikasi di Smartphone Android yang Terhapus

Cara Mengembalikan Aplikasi di Smartphone Android yang Terhapus
Aplikasi di Smartphone Android, foto by : pixabay

Teknoblas.com - Cara Mengembalikan Aplikasi di Smartphone Android . Kadang ketika menggunakan ponsel Android tidak sengaja terpencet uninstall aplikasi pada halaman utama, karenanya ada beberapa cara mudah untuk memulihkan apps tersebut.

Aplikasi di Adroid adalah program yang sebelumnya kita install untuk kegunaan dan fungsi tertentu walaupun pada dasarnya aplikasi di Android ada 2 jenis yaitu apps bawaan dan apps unduhan.

Antara keduannya sama sama bisa hilang atau terhapus karena berbagai alasan, namun yang sering tidak sengaja terhapus memang jenis aplikasi yang kita unduh dan install sendiri.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Android


Aplikasi yang sudah terinstall pada umumnya akan muncul dan memiliki ikonnya sendiri pada layar ponsel, sekali tap bisa membuka apps tersebut dan jika tap cukup lama akan keluar menu untuk uninstallnya.

Ada banyak cara untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus di smartphone android, namun sebagian besar caranya harus menggunakan akses internet, kecuali kamu sudah pernah membackup aplikasi tersebut.

Info Tekno Pilihan :
Berikut ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengembalikan aplikasi tersebut selama smartphone sudah terhubung dengan akun Google.

Memulihkan Aplikasi yang Terhapus Lewat Play Store


PErtama kamu bisa memulihkan aplikasi yang terhapus dengan layanan bawaan dari setiap Android yaitu Play Store yang sudah login sebelumnya.

Riwayat aplikasi yang kamu install ada di playstore ini, jadi kamu bisa manfaatkannya untuk mempulihkan aplikasi yang terhapus dari layar ponsel. Caranya seperti berikut :

- Masuk aplikasi Play Store

- Pada pojok kiri atas klik ikon garis tiga

- Akan ada halamn baru terbuka

- Cari dan pilih My Apps & Games

- Pada halaman baru cari dan pilih Library

- Semua daftar aplikasi yang pernah terinstall tersimpan disana

- Cari aplikasi yang hilang terhapus

- Jika sudah ketemu tinggal klik install untuk memulihkannya

- Cara ini butuh akses internet ya

Memang sama saja dengan mengunduh ulang, tetapi dengan melihat library dahulu, kamu akan lebih mudah menemukan aplikasi yang hilang tersebut karena tau pernah menginstallnya.

Kalau aplikasi di Android kamu hilang, maka cara ini yang paling direkomendasikan karena cara lainnya harus sudah membackupnya terlebih dahulu baru bisa dikembalikan.

Memulihkan Aplikasi Dengan App Backup & Restore


Kemudian kamu juga bisa mengembalikan aplikasi yang hilang tersebut tanpa internet dengan app backup karena aplikasi ini akan selalu membackup apps-apss yang baru di install.

Jadi kalau app yang di install hilang bisa dipulikan kapanpun tergantung setingan mau secara otomatis atau manual, namun kelemahannya kamu harus menginstall aplikasi ini dulu untuk berjaga-jaga kalau ada apps lain yang hilang.

Langkah untuk membackup dan restorenya sebagai berikut :

- Pertama unduh dan Install aplikasi App Backup & Restore

- Masuk ke aplikasi

- Atur aplikasi apa saja yang ingin kamu backup dengan ceklist

- Setelah itu lakukan proses Backup

- Tunggu hingga selesai

- Ketika ada aplikasi yang terhapus maka bisa langsung kamu pulihkan tanpa akses internet

Ya itu tadi, kamu harus membackup terlebih dahulu sebelum bisa merestore kapanpun. Karenanya kalau ada aplikasi yang hilang lebih baik gunakan cara pertama yang lewat Play Store saja.

Kelebihan dari menggunakan App Backup & Restore mungkin banyak fitur yang bisa dipakai untuk membackup aplikasi dan datanya jadi tidak perlu login ulang.

Cara ini mengharuskan kamu untuk rutin melakukan backup terlebih dahulu untuk jaga jaga jika tiba-tipa ada aplikasi yang terhapus, dan tentu saja kebutuhan memori cukup besar untuk menyimpan data backup yang ada.

Mengembalikan Aplikasi Lewat Menu Pengaturan

Mungkin kamu bisa juga mencoba cara mengembalikan aplikasi yang terhapus lewat menu Setting atau Pengaturan. Caranya seperti berikut :

- Masuk ke menu Pengaturan

- Cari dan pilih Cloud dan Akun

- Akan muncul pilihan pencadangan dan pemulihan

- Pada halaman baru pilih Pulihkan

- Klik saja tanda panah ke arah kanan untuk mencari aplikasi yang terhapus

- Ceklis aplikasi yang akan di restore

Cara ini membutuhkan persetujuan untuk menginstal ulang aplikasi yang terhapus, cara kerjanya sih sama dengan cara pertama hanya saja list aplikasi yang terinstall tersimpan pada menu pengaturan ponsel.

Jika Aplikasi Bawaan Sistem yang Terhapus

Kalau diatas kan cara mengembalikan aplikasi yang sudah di install kemudian hilang, tetapi untuk aplikasi bawaan yang terhapus atau hilang karena hal lain, maka penanganannya pun berbeda.

Hilangnya aplikasi bawaan dari ponsel bisa disebabkan karena 2 hal, yang pertama hilang karena nonaktif dimana aplikasi tersebut tidak pernah digunakan dan kedua hilang karena memang kerusakan sistem.

Untuk cek nya seperti berikut :

- Masuk ke menu Pengaturan dan pilih Aplikasi

- Pada halaman baru masuk pada Semua Aplikasi

- Seharusnya keluar juga daftar aplikasi bawaan

- Cari aplikasi yang hilang

- Kalau masih ada tinggal klik aktifkan

- Tapi kalau tidak ada harus masuk ke langkah berikutnya

Jika hanya nonaktif sih tinggal klik Aktifkan maka aplikasi tersebut bisa digunakan kembali dan hanya butuh untuk di update saja.

Jika aplikasi bawaan memang benar-benar hilang dan tidak bisa ditemukan, bisa jadi karena ada kerusakan system. Maka cara terbaik mengembalikannya hanya dengan memformat ulang dan mengembalikan ke setelan pabrik atau sering disebut Factory Reset.

Kalau memang butuh aplikasi tersebut lakukanlah Factory Reset atau Flash OS kalau sudah parah. Tapi jika ponsel tidak bermasalah lebih baik download saja aplikasi serupa untuk menganntikan fungsinya.

Penutup Cara Mengembalikan Aplikasi di Smartphone Android


Itulah beberapa Cara Mengembalikan Aplikasi di Smartphone Android yang bisa kamu coba. Saran saja sih kalau aplikasi installan yang hilang maka lebih baik install ulang saja dari play store daripada harus repot-repot membackup dan merestorenya.

Menggunakan aplikasi Backup dan Restore memang bisa mengembalikan aplikasi tanpa koneksi internet, tapi kekurangannya harus terus rutin membackup dan juga membutuhkan memori internal yang cukup besar untuk menyimpan file-file backupnya.