Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi dan Mencegah WhatsApp Disadap

6 Cara Mengatasi dan Mencegah WhatsApp Disadap

Teknoblas.com - Tidak bisa dipungkiri kalau aksi penyadapan akun WhatsApp masih selalu terjadi, dan 6 cara mengatasi serta mencegah WA disadap berikut bisa kamu coba.

Whatsapp bisa disadap bisa karena banyak hal dan mungkin bisa jadi karena masih banyak pengguna yang belum begitu paham soal pengamanan akun, dan kondisi demikian banyak terjadi.

Info Medsos Pilihan :
Tujuan menyadap WhatsApp pada dasarnya digunakan untuk mengintip dan mendapatkan informasi dari akun WA orang lain tanpa sepengetahuan pemilik dari aplikasi pihak ketiga ataupun menggunakan fitur WA Web.

Penting untuk diketahui ada beberapa cara mengatasi dan mencegah agar WhatsApp agar tidak disadap dan terhindar dari tindakan seperti ini.

Cara Mencegah WA disadap


1. Aktifkan Verifikasi Dua Faktor

Pertama untuk menghindari akun WhatsApp disadap yaitu dengan mengaktifkan verifikasi dua faktor jadi setiap ada yang berusaha masuk ke WA kita harus memasukkan kode enam angka.

Kode ini berbeda dengan kode OTP dan metode ini sangat ampuh untuk mencegah orang lain masuk ke akun Whatsapp kita lewat kode QR dan cara lainnya.

Cara mengaktifkan verifikasi dua faktor cukup mudah, ikuti saja langkah berikut :

- Klik titik tiga di kanan atas halaman WA
- Klik Setting kemudian Account
- Pilih Two Step Verification
- Kemudian Klik Enable
- Masukkan enam kode rahasia yang sudah kita pilih
- Kemudian Masukkan email untuk memulihkan kata kunci

2. Lakukan Logout WhatsApp Web

Nah berikutnya untuk menghindari tindakan penyadapan WhatsApp menggunakan aplikasi yang meniru WhatsApp Web maka kita juga bisa cek daftar perangkat yang menggunakan akun via WA Web.

Cara logout dari Whatsapp Web

- Klik titik tiga di kanan atas
- Kemudian Klik WhatsApp Web
- Dan Harusnya muncul daftar perangkat yang login menggunakan akun kita
- Lakukan logout dari semua perangkat yang terdaftar

3. Aktifkan Pemindai Sidik Jari

Selanjutnya agar akun kita tidak dimasuki sembarang orang dengan memindai kode QR untuk menyadap maka lebih baik aktifkan juga fitur pemindai sidik jari demi keamanan.

Setelah mengaktifkan fitur ini maka kita akan diminta untuk merekam sidik jari dan juga diminta untuk memilih berapa lama aplikasi akan terkunci otomatis, lebih baik set antara 1-5 menit saja.

4. Coba Install ulang WhatsApp

Cara dengan menginstall ulang WA kita bisa juga untuk mengamankan akun agar tidak disadap apabila sudah terlanjur menyetujui ketika ada peringatan untuk memindahkan akun.

Jadi tindakan ini akan memanfaatkan kode OTP di nomor terdaftar sehingga akun yang akan dipindahkan tadi bisa kembali ke ponsel kita dan segera aktifkan kode rahasia hingga fitur sidik jari.

5. Segera Nonaktifkan Akun

Kemudian kalau kita menyadari bahwa akun WhatsApp telah berhasil disadap maka lebih baik segera nonaktifkan akun agar tidak ada yang menggunakannya.

Cara menonaktifkannya bisa dengan kirim email ke dukungan WhatsApp pada alamat : support@whatsapp.com

Gunakan keyword : Lost/stolen: please deactivate my account

pada badan email yang artinya kita ingin menonaktifkan akun tersebut karena hilang atau diambil alih orang lain.

Setelah itu kita memiliki waktu 30 hari untuk mengaktifkan kembali akun yang ada.

6. Lakukan Kunci Layar Akun

Kita juga bisa mengamankan akun WhatsApp agar tidak bisa disadap oleh orang lain yaitu dengan mengunci layar akun WA yang tersedia di semua perangkat Android sehingga orang lain tidak bisa dengan mudah membuka akun Whatsapp kita.

Penutup Cara Mengatasi WA di Sadap


Beberapa cara diatas bisa mengatasi jika kita menyadari beberapa saat setelah akun WA berhasil disadap, dan cara lainnya berfungsi untuk mencegah agar akun Whatsapp kita tidak mudah dibajak oleh orang lain.

Segera menonaktifkan akun ketika terdeteksi di sadap orang lain dengan kirim email ke dukungan Whatsapp dan kabari semua orang yang sering dikontak untuk mencegah pelaku meminta informasi ataupun hal lain dari orang terdekat.