Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-Hati Dengan Skema Phishing Terbaru Pencuri Akun Facebook

Hati-Hati Dengan Skema Phishing Terbaru Pencuri Akun Facebook

Teknoblas.com - Mulai sekarang kalau kamu menerima notifikasi yang menyebutkan kalau akun Facebook telah diblokir karena pelanggaran hak cipta jangan percaya dulu dan lebih baik biarkan sementara karena bisa jadi itu penipuan phishing.

Tindakan phishing ini memang bertujuan untuk mencuri akun Facebook karena sekarang ini membuat akun baru cukup sulit, modelnya ada banyak email massal yang memberitahukan pelanggaran atau ancaman hak cipta dan seputarnya.

Nah tujuannya untuk mencuri data login kamu, karena kalau ada notifikasi di email akun FB telah dinonaktifkan dan harus melakukan banding pada link tertentu maka kemungkinan besar itu adalah phising.

Info Tekno Pilihan :
Pada dasarnya takut kehilangan akun itu wajar, tapi hati hati juga dengan link alamat tautan serta lihat link tersebut benar dari Facebook atau bukan serta waspadai tanda bahaya di alamat tautan.

Skema Tertentu akan digunakan oleh pelaku seperti " mohon untuk memasukkan sandi Anda" dan sebagainya maka jangan pernah kamu turuti, biarkan saja dan coba masuk ke halaman FB mu seperti biasa.

Pokoknya, kamu jangna pernah mengikuti atau mengklik ikuti tautan di email yang mencurigakan dan pengirimnya bukan dari Facebook.

Pesan ini akan dirancang sangat baik dan biasanya masuk ke filter spam untuk menjebak pengguna FB mengenai pelanggaran konten, bisa dipastikan itu tindakan phising dan jangan di ikuti.

Ciri ciri email yang bernadakan Phising sebenarnya bisa diketahui jika kamu teliti,

1. Penggunaan bahasa terkesan tidak resmi dan terlihat tidak tertulis dengan baik

2. Demi mengelabui filter spam biasanya akan ada karakter yang cukup tidak benar seperti karakter tertentu dan menggunakan huruf besar kecil di posisi yang salah.

3. Alamat pengirimnya kadang tertera seperti dari Facebook tetapi kalau kamu lihat lagi pengirim tersebut tidak sama dan tidak ada hubungannya dengan Facebook sendiri.

4. Bandingkan dengan notifikasi resmi Facebook sebelumnya karena tidak mungkin ada notif dari alamat seperti itu.

5. Kalau kamu bisa menemukan tanda-tanda diatas maka jangan pernah klik tautan yang mengarah ke Facebook di dalam email.

Halamat yang diakses tersebut tidak menampilkan pemberitahuan resmi namun hanya catatan saja atau Facebook notes. Fitur tersebut sekarang telah dinonaktifkan tapi catatannya masih bisa diakses.

Jika ada tautan pada halaman tersebut akan langsung dialihkan ke web luar yang berbentuk form, sampai disini fix itu phising dan jangan masukkan data apapun.

Kalau kamu mendapati tanda-tanda seperti ini, maka lebih baik hiraukan saja dan coba masuk ke akun mu dengan cara biasa lewat ponsel, JANGAN lewat email.

Kalau bisa masuk dan tidak ada masalah maka hiraukan email tersebut dan hapus saja. Pelaku tindak phising sekarang sudah lebih rapi namun tetap saja ada step yang mengharuskan kamu mengisi data dari sumber luar, jadi jangan pernah ikuti perintah tersebut.