Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WhatsApp Web Kini Menggunakan Pemindai Sidik Jari dan Wajah

WhatsApp Web Kini Menggunakan Pemindai Sidik Jari dan Wajah

Teknoblas.com - WhatsApp mengumumkan menerapkan otentifikasi biometrik sidik jari atau pemindai wajah pada Kamis (28/1/2021) kepada para pengguna layanan WhatsApp Web ataupun yang menggunakan aplikasi desktop.

Tujuan dari WhatsApp menambahkan otentifikasi biometri tersebut untuk menambah keamanan ketika penggunanya akan menyinkronkan akun ponsel ke desktop dengan begitu potensi penyalahgunaan akun bisa diminimalisir.

Fitur otentifikasi biometri memanfaatkan sistem operasi ponsel yang sudah mendukung fitur autentikasi wajah dan sidik jari, jadi ketika berusaha menyinkronkan akun ponsel dengan WhatsApp Web maka pelanggak diminta untuk melakukan autentikasi biometrik pada ponsel sebelum memindai kode QR.

Otentifikasi biometri yaitu autentikasi wajah dan sidik jari ditambahkan otomatis terlindungi sistem keamanan privasi jadi WhatsApp sendiri tidak bisa mengakses informasi biometrik tersimpan, itu keterangan dari pihak WhatsApp.

Fitur keamanan Otentifikasi biometri autentikasi wajah dan sidik jari baru hanya berfungsi pada ponsel yang sudah mendukung otentikasi biometrik tentunya misal pada iOS 14 ke atas atau perangkat android terbaru.

Selain untuk penambahan lapisan keamanan, Sepertinya Whatsapp ingin berusaha memulihkan kepercayaan pelanggan tentang fitur keamanan yang diberikan.  

Pembaruan pembaruan sistem keamanan perangkat ini akan didesain dengan visual baru dan tersedia pada ponsel pengguna kompatibel beberapa minggu kedepan, jadi kita wait and see saja.