Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Fitur Keamanan Biometrik Baru WhatsApp

Cara Menggunakan Fitur Keamanan Biometrik Baru WhatsApp

Teknoblas.com - WhatsApp sudah mengumumkan akan menggunakan fitur keamanan baru untuk WhatsApp Web dan Desktop yang tersinkron satu sama lain.

Dengan begitu jika kamu akan menautkan akun ke WhatsApp Web pasti lebih dulu dimintai izin menggunakan pemindaian sidik jari ataupun pengenalan wajah.

Urutannya nanti WhatsApp menggunakan pemindaian wajah atau keamanan sidik jari di smartphone terlebih dahulu sebelum memindai kode QR sebelum menghubungkan akun ponsel ke Whatsaap Web Desktop

Kalau dulu kan ketika menggunakan WhatsApp Web hanya butuh satu kode QR saja, dan itu sangatlah rentan untuk validasi keamanan.

Mungkin karena adanya tindak kejahatan siber tertentu yang tersebar beritanya seperti ada akun yang meminta pemindaian jadi WA menambahkan lapisan keamanan agar orang lain tidak bisa memiliki akses tanpa ijin.

Munculnya fitur ini tentunya membuat lapisan keamanan WhatsApp Web dan Desktop lebih baik.

Setelah update terbaru diluncurkan, kamu bisa menggunakan fitur keamanan baru ini dengan mengakses WhatsApp di ponsel seperti berikut :

- Buka Pengaturan ( ikon tiga titik di bagian kanan atas aplikasi )

- Klik WhatsApp Web/Desktop

- Klik tautan perangkat

Berikutnya akan muncul otentikasi biometrik dan ikuti saja petunjuk serta prosesnya selanjutnya.

Penting : Apabila kamu kamu mendapat pemberitahuan login dari perangkat lain tetapi tidak merasa melakukan tindakan tersebut, segeralah keluar dari akses WA web menggunakan aplikasi.

WhatsApp nantinya akan menyusulkan fitur login multi-device dimana kamu akan bisa mengakses Whatsapp dari berbagai perangkat.

Kalau untuk saat ini sih kamu hanya bisa masuk ke satu akun WA pada komputer atau laptop di satu waktu saja.