Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Melindungi Data Pribadi di Internet

5 Cara Melindungi Data Pribadi di Internet

Teknoblas.com - Pada masa dimana akses online sudah menjadi sarana komunikasi sudah seharusnya kamu tau cara melindungi data pribadi di Internet.

Zaman sudah berganti, sekarang jaringan internet sudah digunakan untuk beraktivitas secara jarak jauh disetiap harinya.

Tentu dengan adanya kebutuhan internet yang semakin meningkat sudah pasti tingkat bahaya dan resiko di dunia maya juga semakin tinggi termasuk risiko akan keamanan data pribadi yang digunakan.

Dengan kondisi seperti ini kita harus paham akan literasi digital atau sebuah pengetahuan digital akan segala risiko yang bisa saja terjadi di internet.

Salah satu resiko yang paling bisa terjadi antara lain adalah sesuatu hal yang terkait dengan serangan siber misalnya pencurian data pribadi dan penyalah gunaan data, karena itu pengetahuan keamanan data menjadi sangat penting. 

Tips Pilihan : Cara Aman Internetan di Tempat Umum

Berikut ada beberapa tips dan cara untuk melindungi data pribadi di internet yang sudah Teknoblas rangkum.

Tips dan Cara Melindungi Data Pribadi di Internet


Agar semua data-data kamu terlindung dari beragam serangan siber, maka disarankan untuk kamu agar melakukan langkah-langkah preventif agar tetap aman ketika berselancar dan beraktifitas di internet atau dunia maya.

1. Gunakan Password Kuat dan Ganti Berkala

Cara paling bisa diandalkan yaitu dengan menggunakan kata sandi atau password yang kuat dan beragam serta diganti secara berkala maksimal sebulan sekali sarannya sih 2 minggu sekali.

Password yang baik dan kuat harus terdiri dari gabungan nomor, huruf kapital, dan karakter lain sebagainya yang sulit ditebak atau di retas contohnya "Refor4545GoLIA890AA@65" yang sangat kuat untuk menahan peretasan dari berbagai algoritma.

Dan yang paling penting jangan sampai password yang kamu gunakan diketahui orang lain, kalaupun terpaksa memberi tahukan password pastikan orang tersebut adalah keluarga atau orang yang SANGAT DAPAT dipercaya.

2. Jangan Klik Sembarang Link Tautan

Tindakan kedua kamu harus menjaga dan mengontrol diri agar tidak mengklik atau membuka tautan (link) mencurigakan di dalam e-mail, SMS, atau di semua aplikasi apapun.

Pasalnya link yang tidak valid atau terkesan sembarangan tersebut bisa saja berupa tautan palsu berupa phising dan tindakan merugikan lainnya.

Sebelum meng-klik link sebaiknya kamu lihat dan perhatikan kembali link tersebut apakah dari platform yang resmi atau mencurigakan.

3. Gunakan Aplikasi dan Software yang Legal

Kemudian kamu bisa menggunakan apps atau perangkat lunak (software) yang legal dan bukan hasil modifikasi sehingga kedepannya selalu ada update untuk memperbaiki celah keamanan yang ada.

Jika kamu menggunakan software atau aplikasi ilegal alias bajakan biasanya tidak ada update secara berkala dan ini sangat berbahaya karena celah keamanan tidak diperbaiki dan bisa saja digunakan peretas untuk mengakses data-data kamu.

4. Hindari Koneksi WI-FI Umum

Wi-Fi gratis dan umum memang menarik tetapi koneksi internet wireless seperti ini di sembarang tempat menjadikan keamanan data kamu menjadi sangat rentan, apalagi kita tidak tau seperti apa saja orang yang menggunakan akses internet seperti ini.

5. Jaga Kerahasiaan Data

Tindakan yang paling penting yaitu kamu harus bisa menyimpan rapat-rapat data pribadi seperti e-mail, password, dan berbagai data penting kepada orang lain meskipun itu teman dekat.

Cara ini bisa menjaga akun-akun kamu akan tetap rahasia karena kejahatan dan tindakan peretasan sering dilakukan karena pelaku sudah mengetahui nama akun atau bagian dari password yang bisa ditebak.

Penutup Cara Melindungi Data Pribadi di Internet


Sebagai penutup, inti dari Cara Melindungi Data Pribadi di Internet yaitu kamu harus menggunakan password yang kuat dan diganti secara berkala kemudian jaga kerahasiaan data-data akun kamu yang ada di internet jangan sampai diberitahukan kepada siapapun.

Jika ditempat umum akan lebih baik jika kamu menggunakan koneksi data internet pribadi daripada harus menggunakan jaringan Wi-Fi bersamaan dengan orang lain.