Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Meeting Online dan Webinar

Perbedaan Meeting Online dan Webinar

Teknoblas.com - Efek dari Pandemi yang kini mampu mengubah aktifitas di seluruh dunia secara drastis dan memaksa untuk mengikuti kebiasaan baru seperti belajar atau bekerja dari rumah lewat platform video dan sejenisnya

Platform yang biasa digunakan adalah video konferensi yang bisa memberikan fitur-fitur untuk pelajar, pengajar, pekerja dan bisnis sebuah metode baru untuk belajar, berbagi, dan berinteraksi tanpa harus keluar dari rumah.

Pada masa dimana harus lebih banyak dirumah, aplikasi-aplikasi video konferensi terdapat peningkatan unduhan di app market seperti iOS dan Google Play serta peningkatan unduhan juga terjadi pada aplikasi toko online.

Baca juga : Begini Cara Men-Charger Ponsel Smartphone yang Benar

Aplikasi video konferensi dan toko online sudah bisa dipastikan menjadi pilihan utama untuk belajar, bekerja dan belanja tanpa harus kemana mana dan untuk saat ini sudah termasuk jenis aplikasi primer bagi perorangan ataupun untuk tujuan bisnis.

Di ranah penggunaan video konferensi terdapat dua istilah yang hampir sama namun memiliki pengertian yang berbeda, yaitu antara meeting online dengan webinar.

Antara meeting online dan webinar memang berlatar belakang yang sama yaitu menjadi sarana oran-orang untuk berinteraksi dengan audiens di seluruh dunia tetapi pada dasarnya tujuan keduanya jauh berbeda

Perbedaan Meeting Online dan Webinar


Meeting online dan webinar pada dasarnya memiliki kesamaan sebagai sebuah fitur dalam video konferensi tetapi dalam segi fungsi keduanya sangat berbeda dan kadang menjad salah pemahaman di percakapan umum.

Berikut ini ada beberapa penjelasan dari Teknoblas tentang perbedaan meeting onlinde dan webminar berdasarkan fungsi dan tujuannya.

Online Meeting / Meeting Online

Online Meeting atau Meeting Online adalah sebuah kegiatan atau tindakan untuk melakukan diskusi dan kolaborasi melalui web menggunakan audio, video, dan berbagi layar.

Meeting Online di lakukan oleh seorang atau beberapa host kemudian dihadiri oleh peserta yang sebelumnya sudah diundang oleh host tersebut.

Semua orang atau peserta yang berada dalam Meeting Online bisa mendengarkan dan berbicara satu sama lain dan dapat melakukan interupsi dengan media suara atau gambar terkait.

Peran host atau penyelenggara sangat penting untuk selalu ada dan bertugas mengatur lalu lintas komunikasi suara ataupun gambar yang akan muncul dari permintaan interupsi peserta.

Webinar

Webinar adalah sebuah kegiatan seminar web dimana semua konten konten atau sesi informatif disiarkan melalui web untuk memberikan informasi pengajaran atau edukasi kepada orang yang tertarik mempelajari tema tertentu.

Posisi tugas para penyelenggara webinar ini yaitu membuat sebuah sesi webinar dan mempromosikannya di antara audiens melalui berbagai media seperti e-mail, media sosial, situs web, blog dan media promosi lainnya.

Kemudian jika ada orang yang tertarik akan menghubungi penyelenggara untuk mendaftar dan menghadiri webinar tersebut pada waktu yang dijadwalkan ketika promosi.

Perbedaannya disini, selama sesi webinar penyelenggara kan menyampaikan materi presentasi kepada audiens atau peserta dan peserta yang ada hanya bisa mendengarkan materi tanpa bisa melakukan interupsi.

Di akhir sesi atau sesi tertentu para pserta bisa mengajukan pertanyaan dengan mengetik di opsi Tanya Jawab yang disediakan pada jendela webinar aktif.

Penutup Perbedaan Meeting Online dan Webinar


Jadi Perbedaan Meeting Online dan Webinar terdapat pada interaksi dari para peserta. Jika dalam webminar peserta hanya bisa mendengarkan dan bertanya di sesi tertentu, sementara peserta di meeting online bisa aktif berkomunikasi satu sama lain.