Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mudah Anti Ribet

8 Cara Memperkuat Sinyal Smartphone Mudah Anti Ribet

Teknoblas.com - Sinyal buruk pastinya menjadi masalah yang sering terjadi, karena itu Teknoblas merangkum beberapa cara memperkuat sinyal smartphone dengan mudah tanpa aplikasi yang bisa kamu coba.

Sinyal smartphone menjadi jelek itu memang sebuah masalah dan sering terjadi apalagi karena faktor cuaca yang sangat beragam, meskipun begitu ada satu dua cara yang bisa dilakukan agar nantinya dalam kondisi yang sama jaringan sinyal tidak terlalu down.

Efek sinyal yang tiba tiba buruk bisa membuat kita marah marah tidak jelas dan bahkan mengganggu aktifitas, padahal dimasa ini jaringan sinyal menjadi salah satu jalan utama untuk bekerja dan belajar ketika dirumah.

Berikut ini ada 8 Cara Memperkuat Sinyal Smartphone yang sudah Teknoblas rangkum dengan langkah langkah yang Mudah Anti Ribet serta tanpa bantuan aplikasi.

Cara Memperkuat Sinyal Smartphone


1. Gunakan Mode Pesawat Selama 2 Menit

Sebagai informasi fitur Mode Pesawat atau airplane mode adalah sebuah fitur yang berguna untuk kembali memperkuat jaringan, sederhananya dengan mengaktifkan mode pesawat dan menonaktifkannya kembali maka perangkat kamu akan mencari dan menaut ke BTS terdekat sehingga sinyal kembali kuat

Kadang terjadi pada kondisi lapangan seperti ini, kamu berada disuatu tempat A kemudian berpidah ke tempat B dengan jarak minimal beberapa ratus meter misalnya. Bisa jadi sinyal ketika kamu di tempat B masih tertaut dengan BTS terdekat di tempat A.

Dengan menggunakan mode pesawat aktif- nonaktif maka perangkat kamu akan kembali mereset dan mencari BTS terdekat dari tempat B serta mengganti IP perangkat kamu.

2. Pilih Jaringan WiFi Jika Ada

Kalau kamu sedang berada di tempat umum dengan fasilitas Free WIfi, lebih baik gunakan jaringan WIFI tersebut, pasalnya kadang sinyal smartphone akan kalah jika berada di dalam suatu tempat atau gedung yang terdapat banyak jaringan WIFI.

Selain itu WiFi adalah trik paling bagus untuk memperkuat jaringan internet smartphone, aktifkan akses internet data dan WIFI bersamaan juga sering digunakan oleh pengguna smartphone jika jaringan sedang dalam kondisi yang jelek.

Apalagi kalau kamu sedang bermain game, mengaktifkan fitur data internet dan wifi sangat direkomendasikan, jadi kalau salah satu mati maka jaringan akan tetap terhubung.

3. Cas Baterai Kamu Sampai Penuh

Kondisi baterai yang lemah atau sedikit dengan indikator warna merah katanya bisa mempengaruhi kekuatan perangkat penerima sinyal, tapi masuk akal juga karena perangkat ini juga butuh daya yang konstan.

Karena itu jika kamu merasa sinyal menjadi jelek ketika baterai smartphone kamu lemah maka lebih baik cas lah terlebih dahulu sampai penuh. Sebisa mungkin jangan gunakan smartphone sembari mencharge karena bisa menyebabkan baterai bermasalah.

Cara paling baik adalah hidupkan mode pesawat kemudian cas sampai penuh barulah setelah penuh matikan mode pesawat dengan begitu baterai akan tetap aman dan masa hidupnya bisa cukup panjang. Untuk menjaga agar baterai tetap sehat jangan mencharge smartphone sepanjang malam ketika ditinggal tidur.

4. Selektif Memilih Case Smartphone

Kalau kamu sering mengalami gangguan pada sinyal walaupun dalam kondisi cuaca yang bagus maka mungkin perlu melihat kembali case yang digunakan terbuat dari bahan apa, atau mungkin bisa jadi karena case terlalu tebal.

Case atau Casing smartphone atau Pelindung yang menggunakan bahan karet terlalu tebal juga bisa menutup antena sinyal sehingga mengakibatkan performa sinyal menjadi jelek dan kurang stabil, karena itu pakailah case yang standar saja dan jangan terlalu tebal yang penting bisa melindungi ujung ujung smartphone.

5. Perbarui OS atau Sistem Operasi

Setiap Sistem operasi yang ada sudah pasti memiliki kekurangan bahkan sistem operasi juga berpengaruh terhadap kondisi kuat atau lemahnya sinyal pada ponsel smartphone.

Bagi kamu pengguna ponsel dengan basis sistem operasi Android atau iOS sebisa mungkin lakukan update jika sudah ada notifikasi pembaharuan OS dari sistem.

Mungkin saja update OS yang ada memiliki pembaharuan pada sistem sitem bermasalah termasuk kinerja perangkat penerima sinyal dan pengaturan jaringan internet.

6. Kamu Bisa Coba Pindah Lokasi

Sinyal kuat dan lemah tentunya tergantung dari dekat dan jauhnya dari BTS operator yang kamu gunakan, karena itu jika ingin sinyal menjadi lebih kuat dan lancar cobalah pindah ke area yang dekat dengan BTS atau tower sinyal dari operator yang kamu gunakan.

Sebagai tolak ukurnya kamu bisa memeriksa kekuatan sinyal dari ponsel kamu, dengan begitu bisa menentukan apakah didaerah tersebut sinyalnya lancar atau ngadat.

Jika kamu menggunakan smartphone berbasis iOS maka gunakan kode dial 3001#12345#. untuk masuk ke mode field test.

Dan jika kamu pengguna ponsel berbasis sistem Android maka tinggal buka menu 'Setting' cari menu 'Status' kemudian pilih 'SIM Status', disana akan muncul ukuran kekuatan sinyal pada lokasi kamu.

Perhitungannya dalam satuan dBm dimana semakin kecil angka dibelakang minus akan semakin baik contohnya jika sinyal yang ada adalah -100dBm ituh artinya kualitas sinyal jelek dan jika dapat angka -70 atau lebih kecil artinya sinyal bagus.

7. Ganti Kartu Operator Seluler yang Banyak Jaringannya

Ukuran "Provider seluler yang bagus" di tiap daerah tentunya tidak sama, hal tersebut tergantung dari jumlah banyaknya BTS di suatu daerah. Tiap operator seluler pasti memiliki daerah derah sasaran pembangunan jaringan yang beragam, karena itu kamu harus tau operator dengan sinyal paling kuat di daerah tempat kamu tinggal

Untuk mengetahuinya jelas kamu harus mencobanya satu per satu atau mungkin tanya ke outlet konter pulsa didaerah kamu, biasanya mereka lebih paham operator apa yang paling "disarankan".

Pemilihan operator ini tidak bisa berdasarkan kata iklan, melainkan dari pengalaman mencoba tiap layanan operator yang ada. Saran saja kamu cari BTS operator terdekat dan tanyalah ke orang sekitar BTS tersebut milik operator apa.

8. Pengaturan Jaringan Terbaik

Karena semua tips diatas adalah faktor eksternal, kali ini kamu bisa mencoba untuk mengganti pengaturan sinyal ke jaringan terbaik. Misalnya ponsel kamu terdapat jaringan paling bagus yaitu LTE Only maka gunakan saja pengaturan tersebut.

Caranya mudah kamu tingal masuk ke "Setting -> Kartu SIM dan Jaringan -> pilih operator yang kamu gunakan -> pilih jaringan prioritas. Pilihlah "LTE ONLY" jika ada atau "Prioritas LTE" atau "LTE/GSM/WCDMA" pokonya pilihan paling atas.

Penutup Cara Memperkuat Sinyal Smartphone


Itulah 8 Cara Memperkuat Sinyal Smartphone yang mudah dan bisa dilakukan tanpa aplikasi, kalau untuk penggunaan aplikasi maka Teknoblas akan mengulas pada artikel berikutnya. Menggunakan aplikasi untuk mengatur jaringan sinyal memang lebih menyakinkan tapi resikonya lebih besar karena mempengaruhi sistem yang ada.

Sebagai saran saja, Cara Memperkuat Sinyal Smartphone paling ampuh tentunya dengan mengganti operator seluler yang sinyalnya paling kuat dan memiliki BTS paling banyak di daerah tempat kamu tinggal, kalaupun harganya lebih mahal seharusnya tidak masalah yang penting koneksi internet tetap lancar.