Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan RAM dan ROM serta Pengertian Fungsinya pada Komputer atau Handphone

Pengertian RAM dan ROM, Perbedaan dan Fungsinya pada Komputer / Handphone

Teknoblas.com - Walaupun hampir sama, Tentunya ada perbedaan RAM dan ROM secara fungsi dan hardware pada komputer ataupun Handphone.

Pengertian RAM Komputer


Pengertian RAM atau (Random Access Memory) adalah salah satu komponen hardware pada komputer yang sangat penting untuk menyimpan data sementara sebelum diproses oleh CPU.

Maksud dari random akses yaitu semua file instruksi di dalam RAM dapat diproses secara acak tergantung prioritas dan letak datanya.

Semua data instruksi didalam RAM akan langsung hilang jika tidak ada daya yang diberikan atau ketika komputer dimatikan.

Generasi dan Perkembangan RAM menentukan kecepatan dan kemampuan untuk menyesuaikan kecepatan dari Prosesor. Adapun kapasitas RAM menentukan seberapa besar RAM mampu menyimpan banyak instruksi dari program yang dijalankan.

Perngertian RAM Handphone

Secara proses dan cara kerja, Pengertian RAM Handphone sama saja dengan pengertian RAM komputer. Perbedaannya hanya berada di bentuk dan desain komponennya sehingga sesuai untuk digunakan pada Smartphone.

Fungsi RAM


Pada dasarnya Fungsi RAM adalah untuk membaca dan menyimpan data dari instruksi program yang dijalankan. Lebih jelasnya coba baca penjelasan berikut ini.

1. Fungsi RAM untuk Membaca Data

Informasi penting yang harus diketahui bahwa kecepatan RAM jauh lebih tinggi daripada kecepatan Hardisk. Maka jika CPU langsung mengakses Hardisk dengan kecepatan yang berbeda akan terjadi banyak masalah.

Jadi jika suatu program komputer atau smartphone dijalankan, maka file program yang tersimpan pada hardisk tersebut akan dibaca kemudian disimpan pada RAM.

Sehingga ketika CPU memproses instruksi dari program, akan langsung mengakses RAM yang notabene memiliki kecepatan seimbang.

File program akan tetap berada di RAM selama instruksi program dijalankan, file akan hilang ketika program di close atau komputer dimatikan.

2. Fungsi RAM untuk Penyimpanan Sementara

Setelah membaca file program dari hardisk, maka fungsi RAM berikutnya akan menjadi tempat penyimpanan sementara file program tersebut selama program dijalankan.

Contohnya ketika anda membuat presentasi pada power point dan belum melakukan save, maka semua pekerjaan anda akan tersimpan sementara pada RAM.

Ketika anda mensave presentasi tersebut, barulah akan tersimpan ke dalam hardisk. Jadi jika lupa mensave pekerjaan anda dan komputer mati artinya semua file sementara di RAM tersebut akan hilang.

Proses Cara Kerja RAM


Ketika pertama kali menghidupkan komputer atau handphone maka komponen pertama yang akan mendapatkan daya dan memproses instruksi adalah CPU.

Prosesor atau CPU akan langsung meminta data dari komponen lain seperti hardisk yang didalamnya menyimpan data sistem operasi contohnya windows 7 atau 10.

Permasalahannya kecepatan proses CPU dan kecepatan pengiriman data dari hardisk sangat jauh berbeda. Kecepatan proses CPU mencapai 45X lebih cepat daripada kecepatan hardisk saat membaca dan mengirimkan data.

Jika proses tersebut dipaksa terjadi maka akan terjadi bottle-neck, atau seperti permasalahan leher botol. CPU akan terlalu lama menerima data dan Hardisk tidak mampu mengirim data dengan cepat, kegagalan sistempun akan terjadi.

Karena itu dibutuhkan Hardware berupa RAM yang bertugas membaca data dari Hardisk kemudian menyimpannya secara sementara selama komputer masih menerima daya. Sehingga CPU bisa mengakses data dengan kecepatan yang hampir sama, tanpa harus menunggu proses hardisk yang jauh lebih lambat.

Jenis-Jenis RAM

Banyak sekali jenis RAM yang sudah diproduksi sampai sekarang. Anda bisa membaca selengkapnya di Jenis jenis RAM dan penjelasannya.

Untuk jenis RAM yang banyak dan umum dipakai saat ini adalah jenis DDR RAM, anda juga bisa membaca lebih detail di Pengertian dan perbedaan fungsi DDR pada RAM.

Pengertian ROM


ROM atau (Read Only Memory) adalah jenis memori pada komputer atau hanphone yang sifatnya menyimpan data secara permanen atau tidak akan hilang data tersebut walaupun tidak ada daya yang mengalir atau komputer dimatikan.

Pengertian ROM

ROM bisa berupa banyak hardware salah satunya adalah BIOS yang menyimpan data seting input output sistem dan tidak banyak perubahan serta tidak akan hilang jika tidak ada sumber daya yang mengalir.

Hardisk juga banyak disebut sebagai ROM, meskipun faktanya ada prisip kerja dari hardisk yang tidak sesuai dengan ROM karena data dalam hardisk bisa mudah berubah tergantung tindakan dari user.

Cara Kerja ROM


Cara Kerja ROM atau (Read Only Memory) sangat simple, dimana pembuat ROM (yang dimaksud produksinya) akan memasukkan data-data penting tentang seting input output atau program bawaan yang penting untuk perangkat tersebut.

Data didalam ROM akan dibuat permanen sehingga membutuhkan tindakan khusus jika ingin merubah datanya. Pada umumnya ROM hanya menjalani sekali pengisian data saja, dan kemudian instruksi yang diberikan hanya untuk membaca data tersebut.

Fungsi ROM

Pada komputer biasanya ROM berfungsi untuk menyimpan data BIOS dimana sangat dibutuhkan untuk input output sistem dan datanya tidak mudah berubah.

Pada handphone atau smartphone, ROM biasanya berfungsi untuk menyimpan software-software pabrik yang digunakan dalam keadaan tertentu misalnya yang berhubungan dengan firmware.

Jenis Jenis ROM

Terdapat beberapa jenis ROM yang sampai sekarang sudah diproduksi dipasaran. Perkembangannya pun terbilang lambat tidak seperti RAM yang sangat cepat berubah. Berikut jenis ROM yang banyak digunakan untuk perangkat yang ada saat ini:

1. Stock ROM

Stock ROM adalah ROM khusus yang biasanya menyimpan sistem operasi default atau sistem operasi bawaan pabrik.

Data dari ROM ini tidak bisa di otak atik dan bersifat permanen, berguna hanya untuk pemanggilan khusus jika ada istruksi recovery ke asal seting pabrik.

2. Custom ROM

Costom ROM sering dipasang berdampingan dengan Stock ROM dalam suatu perangkat. Karena sifat data pada Custom ROM bisa di modifikasi tergantung dari selera user.

Jadi jika ada masalah dalam modifikasi data Custom ROM, ada beberapa perangkat yang memiliki fasilitas untuk memanggil data Stock ROM untuk membuat sistem kembali seperti awal produksi pabrik.

3. Carrier Stock ROM

Carrier Stock ROM adalah jenis ROM yang datanya sudah memiliki banyak perubahan dari pengembang ataupun saat diproduksi.

Fungsi Carrier Stock ROM biasanya untuk memudahkan user melakukan modifikasi pada aplikasi bawaan yang tersimpan didalam ROM.

Demikianlah pembahasan Pengertian RAM dan ROM, Perbedaan dan Fungsinya pada Komputer atau Handphone. Semoga setelah membaca pembahasan diatas, anda tidak lagi kebingungan tentang perbedaan antara RAM dan ROM.