Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Fungsi DDR RAM atau VGA

Teknoblas.com - Apa itu DDR RAM dan VGA ? DDR Sendiri merupakan singkatan dari (Double-Data-Rate). Sedangkan Pengertian DDR dalam sistem komputasi sebenarnya adalah nama dari sebuah proses dimana bus komputer mentrasfer instruksi data 2x dalam satu siklus Clock yang selalu terkait dengan RAM atau VGA.

Ketika artikel ini ditulis, ada 3 jenis data rate yaitu SDR (Single-Data-Rate), DDR (Double-Data-Rate) dan QDR (Quad-Data-Rate). Komponen komputer.

Pengertian dan Fungsi DDR

Fokus huruf D di depat kata DDR, "Double" yang berarti ganda atau 2x. SDR 1x, dan QDR 4x proses transfer data dalam satu siklus Clock.

Pada sistem komputer, DDR akan ditemukan pada ranah hardware Memori bisa pada RAM ataupun VGA Card. DDR RAM.

Jika kamu melihat tulisan DDR, DDR2, DDR3 ataupun DDR4 itu adalah jenis DDR yang ada saat ini dimana angka 2,3,4 dan selanjutnya adalah penomoran untuk generasinya.

Generasi awal hanya DDR saja atau bisa disebut DDR1, generasi berikutnya DDR2 dengan pengembangan yang lebih baik, dan generasi seterusnya.

Agar memahami Fungsi DDR (Double-Data-Rate), sebelumnya kamu harus tau ada versi pertama yaitu SDR (Single-Data-Rate) dimana hanya dapat mengirim 1 sinyal transfer data setiap satu siklus Clock.

DDR sendiri sebenarnya perkembangan dari SDR yang mampu mengirim istruksi data 2 kali pada setiap siklus Clock. DDR VGA.

Artinya, Fungsi DDR adalah perkembangan kecepatan sebuah sistem trasnferdata pada semua Hardware Memory dalam satu putaran Clock.

Meskipun sekarang sudah berkembang QDR (Quad-Data-Rate) yang notabene 2 kali lebih cepat daripada sistem DDR.

Perbedaan DDR dan GDDR


Antara DDR dan GDDR secara proses tidak ada bedanya. Hanya saja huruf G di awal GDDR adalah singkatan dari kata Graphics, yang berarti GDDR adalah chip memori khusus untuk VGA.

Sedangkan DDR saja bersifat global untuk proses data rate pada semua jenis memori. Meskipun begitu DDR justru lebih dikenal pada hardware RAM.