Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya

 Komponen Komponen Komputer, Fungsi dan Gambar

Teknoblas.com - Macam macam komponen komponen komputer dan fungsi serta penjelasan nya harus kamu ketahui jika memilih untuk berkecimpung di dunia teknik ataupun digital yang tiap harinya menggunakan perangkat komputer.

Komponen Komputer Hardware mudahnya berupa perangkat keras yang bisa terlihat mata dan dapat dipegang oleh tangan. Sedangkan komponen komputer perangkat lunak yaitu kumpulan data yang tersimpan didalam storage dan dapat diproses oleh CPU.

Jika berbicara tentang komponen komputer, maka sebagian besar yang akan dibahas pasti berupa hardware atau perangkat keras karena banyak sekali macam dan pengelompokannya.

Kenapa harus tau Komponen Komponen Komputer dan Fungsinya ? 

Sederhana saja, karena komputer menjadi media kerja utama pada masa sekarang, jadi pengetahuan tentang hal tersebut juga menjadi penting agar bisa memahami sumber masalah jika ada trouble yang terjadi.

A. Komponen Komputer Hardware Umum


Maksud dari Komponen Komputer Hardware Umum yaitu perangkat keras yang biasa ada untuk sebuah komputer yang keberadaannya dipasaran sangat banyak dan mudah dicari.

1. Casing Komputer / Casing CPU

1. Casing Komputer / Casing CPU

Casing Komputer atau Casing CPU merupakan Komponen komputer perangkat keras terluar dimana fungsi casing komputer yaitu sebagai tempat-tempat meletakkan dan memisahkan komponen utama komputer seperti unit pemrosesan dan unit penyimpanan.

Saat ini banyak sekali merek dan model dari casing komputer, kamu tinggal memilihnya sesuai dengan kebutuhan serta keinginan desainnya.

Semakin tinggi spesifikasi komputer yang ingin kamu bangun, maka akan semakin mahal pula Casing yang bisa digunakan. Software untuk cek spesifikasi komputer dan laptop.

2. Motherboard atau Mainboard

2. Motherboard atau Mainboard

Motherboard atau Mainboard merupakan komponen utama dan komponen komputer paling penting karena pada motherboard lah semua komponen pemrosesan dan penyimpanan akan diletakkan serta terhubung satu sama lain.

Komponen utama dari mainboard yaitu Papan Sirkuit Cetak (Printed Circuit Board – PCB) yang menampung semua komponen penting lainnya seperti CPU, VGA, USB dan sebagainya.

Motherboard berfungsi sebagai tempat penyedia akses dari seluruh komponen komputer yang ada untuk saling terhubung satu sama lain sehingga terjadi proses input output berbagai instruksi data.

3. Heatsink

3. Heatsink

Heatsink adalah komponen komputer dengan bahan campuran dari alumunium dan tembaga yang letaknya menempel diatas komponen CPU. Fungsi dari heatsink sebenarnya sebagai penyalur panas dari CPU ke seluruh bagian heatsink.

Mudahnya begini, Prosesor atau cpu akan bekerja terus menerus sehingga panas yang dihasilkan dari komponen cpu yang berukuran kecil akan cepat sekali naik dan naik.

Cara terbaik mengurangi panas tersebut adalah dengan menyalurkannya ke bahan yang berukuran lebih lebar serta lebih mudah membuang panas.

Karena itulah dibuat heatsink dengan campuran tembaga dan alumunium. Hearsink mampu menyerap panas dari prosesor dengan baik dan cepat mengedarkan panas tersebut ke seluruh bagian heatsink.

Hanya saja jika mengandalkan pembuangan panas dari heatsink sendiri terbilang kurang cepat jadi diatas komponen heatsink selalu ada kipas yang berfungsi mempercepat pembuangan panas.

4. Fan PC Cooler

4. Fan PC Cooler

Fan PC Cooler atau panggilannya kipas casing PC berguna untuk mengatur sirkulasi udara didalam PC sehingga panas yang dihasilkan bisa dialirkan keluar.

Idealnya minimal ada 2 Fan PC yang digunakan pada casing. Yang pertama tujuannya untuk mengalirkan udara dari dalam ke luar, yang kedua berfungsi untuk mensuplai udara bersuhu normal dari luar ke dalam.

5. Power Supply

5. Power Supply

Power Supply pada umumnya berbentuk kotak kubus sedikit panjang dengan kipas tersendiri serta terdapat colokan kabel utama yang ujung satunya langsung terhubung dengan stopkontak listrik.

Fungsi dari Power Supply untuk mengatur suply daya ke semua komponen komputer terutama ke komponen di Motherboard.

Diluar itu seperti hardisk atau dvd-rom akan menggunakan kabel yang terhubung langsung dengan pin.

Inti dari Tujuan adanya Power Supply ini tidak lain adalah mengubah arus AC dari listrik rumahan menjadi arus DC yang bisa digunakan oleh Komponen Komputer.

Jenis Jenis Power Supply yang ada saat ini :

- Jenis Power supply AT

Jenis Power supply AT menggunakan kabel power penghubung ke motherboard dengan 2 konektor yaitu konektor P8 dan konektor P9. Dalam pemasangannya pun juga harus teliti agar tidak terjadi kesalahan saat menghubungkat kedua konektor.

- Jenis Power Supply ATX

Jenis Power Supply ATX menggunakan kabel power penghubung ke motherboard dengan 1 konektor saja ber jumlah 20 pin sehingga minim sekali kesalahan ketika menghubungkannya.

6. CPU Liquid Cooler

6. CPU Liquid Cooler

Cpu liquid cooler merupakan komponen komputer perkembangan dari heatsink pendingin cpu yang menggunakan cairan pendingin untuk menurunkan suhu dari CPU atau prosesor.

Pendingin CPU bawaan dari ketika membeli prosesor ya begitu saja, optimasi panas hanya turun sekitar 20-30 % saja untuk pekerjaan normal.

Sedangkan jika menggunakan cpu liquid cooler panas bisa turun lebih dari 50% untuk pekerjaan normal dan stabil sekitar 30% untuk pekerjaan berat seperti gaming.

7. CPU Air Cooler

7. CPU Air Cooler

Ada juga CPU Air Cooler, fungsinya sama dengan heatsink pendingin CPU. Perubahan ada pada meterial dan kualitas bahan yang digunakan serta besaran penampang heatsink yang lebih mumpuni.

Sesuai selera saja kamu mau pakai liquid cooler atau air cooler, saran saja sebaiknya sesuaikan dengan pekerjaan rutinitas kamu, lagipula CPU air cooler generasi terbaru sudah sangat amat mumpuni untuk menstabilkan panas ketika memproses data berat.

B. Komponen Komputer Process Device (Unit Pemrosesan)


Komponen Komputer Process Device adalah perangkat keras pada komputer dan fungsinya untuk memproses data, bisa berupa biner, audio ataupun grafis.

1. Prosesor ( CPU ) 

1. Prosesor ( CPU )

CPU atau Central Prosessing Unit, juga sering disebut prosesor, karena fungsi utamanya untuk memroses data pada komputer.

Komponen CPU bekerja dengan menerima serta memproses instruksi data yang diberikan serta menampilkan hasil pemrosesan berupa visual ataupun bentuk lain sesuai perangkat keras yang digunakan.

Berdasarkan lebar bit nya terdapat 2 jenis prosesor yaitu 32bit dan 64 bit, tentunya yang 64bit lebih baik kinerjanya dari 32bit. Tetapi jika kamu membutuhkan komputer hanya untuk lembar kerja normal seperti laporan-laporan saja, 32bit sudah sangat mencukupi.

Perlu kamu tau bahwa setia jenis, merk, kelas Prosesor memiliki kebutuhan hardware yang berbeda juga, jadi pastikan kamu paham dengan spesifikasi dan tujuan penggunaan dari prosesor yang kamu pilih.

2. VGA atau GPU

2. VGA atau GPU

VGA (Video Graphics Array) Adapter atau Graphics processing unit keduanya sama saja dalam fungsinya yaitu hardware pengolah data dalam bentuk visual dan menghasilkan output ke layar monitor.

Fungsi kerja VGA Card sama saja dengan fungsi prosesor, hanya saja VGA terfokus untuk mengolah data berupa grafis.

Pada masa sekarang sudah banyak CPU yang didalamnya juga terdapat Graphics Prosesing Unit sehingga tidak masalah jika tidak menggunakan VGA Card.

Hanya saja jika kebutuhan komputer lebih berat ke pengolahan citra atau grafis seperti animator, gaming berat ataupun berbagai jenis desain, sudah seharusnya menggunakan VGA Card agar tidak membebani kinerja Prosesor.

Generasi perkembangan untuk VGA mengacu ke kode DDR yang digunakan, jadi Kode DDR VGA seperti DDR1 DDR2 - DDR6 adalah seri perkembangan kecepatan proses dari Komponen VGA tersebut.

3. Sound Card

3. Sound Card

Sudah sangat jelas bahwa Sound Card adalah perangkat keras didalam komputer yang berhubungan dengan input dan outputnya audio.

Ada 3 jenis onboard yang perlu kamu tau :

1. Sound Card Onboard yang langsung terpasang dan jadi satu ketika membeli motherboard.
2. Sound Card Offboard yang dipasang secara terpisah ke slot ISA atau PCI, biasanya digunakan untuk komputer khusus pengolahan audio seperti komputer dapur rekaman.
3. Sound Card External yang bersifat portable dengan colokan port USB.

4. LAN Card

4. LAN Card

LAN Card atau NIC (Network Interface Card) adalah hardware kartu jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet kabel atau LAN.

Setiap LAN Card atau NIC mempunyai identitas nomor alamat yang bernama MAC Address yang dapat diubah oleh penggunanya sendiri.

Dengan berkembangnya teknologi, yang dulunya LAN Card hanya menerima colokan berbentuk kabel, sekarang sudah ada LAN Card dengan bentuk Wireless.

5. WLAN Card

5. WLAN Card

WLAN Card dengan nama lain Wireless LAN Card adalah perkembangan dari LAN card yang dulunya hanya berupa akses kabel saja. Fungsinya sama persis untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.

C. Komponen Komputer Storage Device (Unit Penyimpanan)


Storage Device yaitu perangkat keras atau hardware pada komputer yang fungsi utamanya sebagai penyimpan data, bisa permanen atau sementara.

1. Hard Disk

1. Hard Disk

Hard Disk berbentuk fisik persegi agak panjang,berat dengan lubang baut pada kiri kanannya. Fungsinya sangat jelas sebagai penyimpan data pada komputer. File program dan foto atau video kamu akan disimpan disini.

Ukuran harddisk sekarang sudah bermacam-macam, sudah ada yang sampai ke ukuran 2TB dalam 1unit hardisk saja.

Istilah Partisi juga berada pada harddisk yang artinya adalah membagi hardisk dalam ukurang yang berbeda sehingga pada sistem operasi terbaca ada beberapa ruangan hardisk yang tersedia.

2. SSD

2. SSD

SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi baru dari Hardisk yang fungsinya tetap sama yaitu untuk menyimpan data, hanya saja SSD menggunakan IC atau Integrated Circuit untuk penyimpanan data yang lebih baik dan lebih cepat dalam pembacaannya.

Intinya suatu saat Harddisk memiliki kemungkinan akan diganti dengan perangkat SSD ini, dan harganya pastilah lebih mahal.

3. RAM

3. RAM

RAM atau (Random Access Memory) yaitu perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara ketika komputer dioperasikan.

Sama seperti dengan komponen VGA kecepata seri ram juga mengacu pada kode DDR RAM, sampai saat ini kemampuan RAM terbaik berada di DDR4 dan tidak menutup kemungkinan DDR5 akan segera muncul.

Keberadaan RAM bertujuan untuk menjembatani adanya perbedaan kecepatan antara pembacaan hardisk dan kecepatan proses CPU.

4. ROM

4. ROM

ROM atau (Read Only Memory) adalah perangkat keras yang biasanya sudah jadi satu ketika membeli Motherboard.

Fungsinya untuk menyimpan data yang data tersebut tidak bisa dimodifikasi seperti data BIOS. Baca juga : Perbedaan RAM dan ROM.

5. Intel Optane atau Optane Saja

5. Intel Optane atau Optane Saja

Intel Optane merupakan komponen komputer modern yang fungsinya sebagai akselerator data di hardisk, jadi dengan menambah optane maka hardisk kamu akan bisa menjadi secepat ssd. Tentu saja tidak semua motherboard mendukung optane ini, hanya keluaran terbaru.

Sebagai tambahan, optane hanya bisa digunakan bersanding dengan prosesor berkemampuan komputasi tinggi seperti intel gen 8 keatas. Dengan optane, booting windows 10 bisa 7 detik saja.

6. SSD M.2 SATA

6. SSD M.2 SATA

SSD M.2 SATA adalah perkembangan dari ssd 2,5" menjadi bentuk yang compact dan portable. Hadirnya komponen komputer modern ini tidak lain karena dituntun mobilitas perangkat laptop yang sangat minimali dan tipis.

Dengan menggunakan SSD M.2 SATA, maka akan mulai banyak jenis laptop ultra tipis. Selain untuk laptop, motherboard PC terbaru juga mendukung komponen ini. Biasanya untuk partisi C atau tempat OS terinstall.

7. SSD M.2 NVME

7. SSD M.2 NVME

SSD M.2 NVME juga merupakan perkembangan dari SSD jenis M.2 dimana dari sisi kecepatan sangatlah tinggi, tapi tentu saja harganya juga sebanding dengan kemampuannya.

SSD M.2 NVME tidak membutuhkan kabel sama sekali dan port sudah buil di motherboard seri terbaru. Intinya SSD M.2 NVME dan sata hampir tidak ada bedanya kecuali pada peforma dan kecepatan.

D. Input Device (Unit Masukan)


Input Device adalah perangkat keras pada komputer yang mempunyai fungsi utama untuk memberikan input atau masukan data ke perangkat pemrosesan.

1. Keyboard

1. Keyboard

Perangkat yang kamu gunakan untuk mengetik pada komputer dengan banyak huruf-huruf itulah yang namanya keyboard. Model dan hargany berbeda-beda, yang jelas susunan hurufnya akan sama sampai kapanpun juga.

2. Mouse

2. Mouse

Perangkat keras yang bersanding dengan keyboard, bentuknya sedikit bulatm dinamai dengan Mouse mungkin karena sekilas hampir sama dengan tikus, tapi tikus yang seperti apa juga gak tau.

Data yang diberikan berupa pergerakan kursor pada layar ataupun data berupa klik serta drag. Saat ini yang banyak dipakai menggunakan jeni Optical Mouse, ada yang menggunakan kabel dengan colokan USB, ada juga yang sudah menggunakan teknologi Wireless.

3. Optical Drive CD DVD-ROM

3. Optical Drive CD DVD-ROM

Optical Drive CD DVD-ROM adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan kepingan CD atau DVD sehingga dapat dibaca oleh Prosesor.

Seiring berkembangnya waktu, DVD-ROM mulai jarang digunakan karena semua file sudah mempunyai format yang suport untuk DVD-ROM Virtual. Tetap dibutuhkan selama kepingan DVD masih ada, hanya saja tidak sepenting dulu ketika belu ada Flashdisk.

4. WebCam

4. WebCam

Komponen Perangkat keras pada komputer yang berupa kamera dengan input pada Port USB yang berfungsi untuk merekam kamu yang sedang didepan komputer.

Biasanya perangkat ini digunakan untuk orang-orang yang membutuhkan interaksi langsung dengan melihat wajah satu sama lain dengan media jaringan internet.

5. Scanner

5. Scanner

Scanner merupakan perangkat keras tambahan untuk komputer yang berfungsi untuk memberikan inputan data berupa file gambar dari hasil scaning.

Dulu scanner merupakan perangkat tunggal, tapi sekarang kebanyakan printer sudah jadi satu dengan perangkat scanner ini.

6. Microphone dan Headphone

6. Microphone dan Headphone

Microphone juga termasuk perangkat yang terpisah, tapi dengan berkembangnya teknologi headphone, mikrophone sudah menjadi satu perangkat dengan Headphone.

Mikrophonenya sendiri adalah input device yang berfungsi mengirim data ke prosesor berupa audio sedangkan Headphone nya merupakan output device yang berfungsi menerima data berupa audio pada telinga user.

7. Touchpad

7. Touchpad

Touchpad memiliki fungsi yang sama dengan mouse, hanya saja penerapannya langsung menjadi satu pada laptop atau notebook.

Uniknya ada sebagian orang yang lebih menyukai touchpad, dan ada juga sebagian orang yang tetap menggunakan mouse walaupun dilaptopnya sudah ada touchpad.

8. JoyStick

8. Joy Stick

Joy Stick juga termasuk komponen komputer perangkat keras tambahan yang fungsinya sebagai masukan data ketika kamu bermain game pada komputer.

Tidak berbeda dengan joy stick PS yang dulu biasa kamu mainkan, hanya saja sekarang portnya banyak menggunakan USB yang sudah universal.

9. Light Pen

9. Light Pen

Light Pen adalah perangkat keras komputer yang bersifat tambahan saja. Bentuk fisiknya seperti papan tablet dan sebuah pen.

Fungsi utamanya untuk memberikan masukan berupa gambar manual dari tangan yang sulit dilakukan menggunakan mouse.

Light Pen lebih sering digunakan pada komputer khusus desain oleh para desainer pakaian ataupun oleh animator.

E. Komponen Komputer Output Device (Unit Keluaran)


Maksud dari Komponen Komputer Output Device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memberikan hasil dari pemrosesan sistem, bisa berupa visual dan audio.

1. Monitor Display

1. Monitor Display

Layar monitor harus selalu ada dalam unit komputer apapun karena pada layar inilah hasil pemrosesan data berupa visual akan ditampilkan.

Harga dan inovasi perkembangan teknologinya sangat cepat sekali berubah. Hanya saja fungsinya tetap sama yaitu menampilkan hasil pemrosesan data berupa visual.

2. Printer

2. Printer

Printer termasuk perangkat keras tambahan yang berfungsi untuk mencetak lembar kerja atau file gambar yang sudah kamu olah.

Printer tunggal yang hanya sebagai alat cetak sudah mulai hilang dipasaran digantikan dengan printer multifungsi dengan scanner dan fungsi copy.

3. Speaker

3. Speaker

Sering mendengarkan lagu dari komputer ? Kotak yang bersuara itulah disebut dengan speaker. Bahasa formalnya yaitu perangkat keras yang memberikan output data berupa audio.

Speaker tidak mempengaruhi dari proses data komputasi sistem, tapi kalau komputer set tanpa speaker jelas ada yang terasa kurang karena satu satunya output audio yang handfree pastilah speaker.

F. Komponen Komputer Periferal (Unit Tambahan)

Periferal atau Unit Tambahan pada komputer juga termasuk bagian dari komponen-komponen komputer juga, hanya saja keberadaannya tidak begitu pengaruh dengan kinerja komputer tersebut.

1. Bluetooth Adaptor

1. Bluetooth Adaptor

Device penerima file yang dikirim menggunakan media Bluetooth, populer ketika tahun 1998an ketika HP bluetooth berkembang pesat, sehingga dibuatlah penerima bluetooth yang terus eksis sampai saat ini.

Untuk komputer biasanya komponen bluetooth berupa eksternal bercolokan USB persis dengan USB wireless hanya saja fungsinya penerima bluetooth, kalau pada laptop biasanya sudah builtin di dalamnya.

2. USB Wireless Receiver

2. USB Wireless Receiver

USB Wireless Receiver merupakan perkembangan dari Wireless LAN dimana yan dulunya harus terpasang pada slot didalam Motherboard.

Wireless Receiver sekarang hanya membutuhkan slot USB saja untuk mengoprasikannya. Tujuan dibuatnya USB Wireless Receiver hanya untuk memangkas ukuran serta membuat segalanya menjadi portable.

3. FlashDisk dan Hardisk Eksternal

3. FlashDisk dan Hardisk Eksternal

FlashDisk dan Hardisk Eksternal sepertinya tidak usah dijelaskan dengan panjang karena fungsinya sudah diketahui banyak orang untuk menyimpan data pada perangkat diluar komputer.

Ukuran perangkat normal penyimpan data eksternal sering disebut FlashDisk dengan satuan GBnya dan perangkat penyimpanan data superbanyak eksternal disebut dengan Hardisk Eksternal yang satuannya sudah mencapai TB.

4. Modem

4. Modem

Modem yang dimaksud adalah perangkan dengan Slot USB yang digunakan komputer agar dapat terkoneksi dengan internet.

Modem USB pada umumnya menggunakan SIM Card dari operator sebagai jalur koneksinya sehingga lebih mudah untuk dibawa-bawa.

G. Komponen Komputer Perangkat Lunak

Komponen Komputer Perangkat Lunak adalah komponen-komponen dari komputer yang bentuknya tidak bisa diraba oleh tangan namun bisa terlihat oleh mata. Dan fungsinya sebagai media kerja pada komputer tersebut.

1. Sistem Operasi

1. Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang terinstal dan tersimpan didalam perangkat hardisk serta dioperasikan sebagai media untuk berjalannya software-software yang kita gunakan.

Misalnya ketika kamu menyalakan komputer atau lapto kemudian muncul logo Windows entah 7,8, atau 10 itulah yang dimaksud Sistem Operasi atau Operating System (OS).

Selain Windows yang familiar digunakan ada berbagai jenis OS lain dibelahan dunia seperti Linux, Unix, Mac OS, Android dan sebagainya.

2. Software

2. Software

Sedangkan Software adalah perangkat lunak yang berjalan diatas Sistem operasi contohnya Microsoft Word, Antivirus, pemutar musik, pemutar video dan sebagainya.

Penutup  Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya


Itulah daftar Komponen Komponen Komputer lengkap dengan Fungsinya yang secara umum ada di perangkat Komputer saat ini, jika ada perubahan atau perangkat baru akan Teknoblas cantumkan segera pada artikel ini.