Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - Jenis RAM Komputer dan Penjelasanya

Jenis - Jenis RAM dan Penjelasanya pada Laptop atau Komputer

Teknoblas.com - Jenis jenis RAM pada komputer atau laptop memiliki banyak sekali macamnya seperti DRAM, SDRAM, DDR SDRAM dan lainnya. Jika membahas fungsi dari RAM sebenarnya hampir sama, perbedaan hanya pada kemampuan, kecepatan dan kapasitasnya saja.

Pengertian RAM (Random Access Memory ) secara umum adalah komponen komputer hardware pada komputer yang berfungsi menyimpan data sementara ketika komputer di gunakan dan ada program yang sedang dijalankan.

Berbeda dengan Hardisk yang tetap menyimpan file dalam keadaan hidup ataupun mati, RAM justru hanya mampu menyimpan file dalam keadaan hidup. Jika komputer mati maka semua file yang berada di RAM akan hilang.

RAM yang ada saat ini tidak berupa satu jenis saja, melainkan ada berbagai macam jenis ram dan digunakan pada berbagai tipe komputer. Pembahasan berikut ini akan mengulas tentang jenis jenis RAM dan penjelasan apa saja fungsinya.

Jenis - Jenis RAM Komputer


1. Jenis DRAM

1. Jenis DRAM

Memori DRAM ( Dynamic Random Access Memory ) merupakan jenis RAM yang dipakai secara umum pada berbagai tipe komputer. DRAM termasuk memori semi konduktor, artinya membutuhkan kapasitor untuk refresh data yang ada didalam memori.

DRAM adalah salah satu jenis RAM yang menyimpan bit data terpisah dalam kapasitor di satu sirkuit terpadu. Biasanya diatur pada konfigurasi sel penyimpanan berbentuk persegi panjang.

DRAM mempunyai kelebihan berdesain sederhana dengan kecepatan yang cukup bagus antara 4.7MHz - 40MHz serta biaya produksi yang lebih rendah dibanding jenis lainnya. Ada kelebihan tentunya ada kekurangan dimana daya yang dibutuhkan relatif lebih tinggi daripada lainnya.

Secara bentuk dan proses, DRAM justru terbilang lebih dinamis dengan struktur yang hanya membutuhkan satu transistor dan kapasitor untuk tiap bitnya.

2. Jenis SDRAM

2. Jenis SDRAM

Jenis SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) termasuk salah satu jenis RAM yang memiliki kecepatan tertinggi diantara lainnya, berkisar antara 100MHz-133MHz.

Popularitas SDRAM berjaya pada rentang tahun 1995akhir sampai tahun 2003 atau 2004. SDRAM mempunyai ciri khusus pada bagian kakinya dimana terdapat 2 celah soket slot. Slot yang sesuai yaitu DIMM/SDRAM dengan kapasitas mulai 16MB sampai 1GB.

Faktanya SDRAM merupakan perkembangan dari DRAM yang memiliki kecepatan serta peforma yang jauh lebih baik.

3. Jenis RDRAM

Jenis memori RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) mulai muncul ke ranah pasar pada tahun 1995-1996. Kata Rambus sendiri tidak lain adalah nama dari pembuatnya.

Pada masanya saat kecepatan RAM lain hanya sampai 133MHz, RDRAM sudah mampu menembus 1GHz. Dengan kemampuan seperti itu tentunya tidak semua motherboard dapat suport menggunakannya.

Karenanya jenis RDRAM hanya digunakan untuk memori sistem kelas server berkinerja tinggi atau bisa juga untuk memori video grafis akselerator.

4. Jenis SRAM

Jenis SRAM (Static Random Access Memory) diproduksi menggunakan semi konduktor serta tidak membutuhkan kapasitro dan penyegaran berkala, karenanya ada kata Static dibagian depannya.

Karena hanya menggunakan trasnsistor tanpa kapasitor, kemampuan kerja SRAM bisa lebih cepat daripada DRAM. Hanya harganya lebih mahal serta jumlah data yang dapat disimpan pada satu chip sangat terbatas.

Penggunaan SRAM lebih berfokus pada penglaplikasian yang lebih kecil seperti memori cache di dalam CPU. Informasi penting lainnya ternyata SRAM dapat berimbang dengan kecepatan prosesor di 500MHz.

5. Jenis EDORAM

EDORAM atau (Extended Data Out Random Accses Memory) mulai dikembangkan skitar tahun 95 dengan slot memori 72 pin.

Secara kmampuan EDORAM dapat membaca serta mentransfer data dibanding jenis RAM lain pada saat itu. Pada masanya EDORAM sangat sesuai dengan kebutuhan RAM pada prosesor pentium.

Kelebihan berbanding dengan kekurangan, EDORAM membutuhkan L2 Chace agar berjalan lebih cepat, jika tidak ada EDORAM justru malah menjadi sangat lambat.

6. Jenis FPM DRAM

Artinya sudah jelas FPM DRAM yaitu (Fast Page Mode DRAM). Desain dan model FPM DRAM adalah bentuk awal dari DRAM sebelum dikembangkan.

FPMDRAM mampu mencapai kecepatan transfer maksimum sampai 176MBps dengan cache L2 serta berfungsi baik dalam frekuensi 16MHz-66MHz.

FPM DRAM termasuk memori dinamis yang mampu mengakses barisan RAM dengan cepat tanpa harus menetapkan barisan tersebut secara terus menerus.

7. Jenis Flash RAM

Jenis Flash RAM termasuk memori dengan kapasitas rendah yang biasa digunakan pada perangkat TV, mainan anak, printer ataupun ponsel lama.

Flash RAM bisa dikatakan sebagai memori yang data didalamnya dapat ditulis dan dihapus tetapi data tersebut tidak akan hilang ketika tidak ada daya yang masuk dan akan menyimpan semua data setelah daya terputus.

8. Jenis SDR RAM

Jenis SDR RAM sering disebut dengan SDRAM saja, dengan SDR singkatan dari Single Data Rate yang berarti hanya mampu mengirim satu instruksi perintah ke CPU dalam satu siklus Clock saja.

Jenis RAM untuk komputer dan console game, karena perkembangan yang baru sudah menggunakan metode DDR.

9. Jenis DDR SDRAM

9. Jenis DDR SDRAM

DDR SDRAM adalah perkembangan dari SDR RAM dimanan kemampuannya 2x lebih baik karena dapat mengirim instruksi perintah 2x dalam satu siklus Clock.

DDR SDRAM berfungsi dengan baik pada daya rendah sekitar 2.56v dibanding SDR RAM yang bekerja di 3.3v. Perbedaannya DDR RAM menggunakan 184pin dan 1 notch di konektor sedangkan SDR RAM menggunakan 186pin dan 2 notch.

Perkembangan berikutnya terfokus pada penyempurnaan kemampuan DDR pada RAM dimana muncul DDR generasi 2 atau sering disebut DDR2, kemudian DDR3 dan sekarang sudah ada DDR4.

Diantara perkembangan generasi DDR, generasi ke 3 atau DDR3 lah yang paling diminati dan terpopuler dipasaran karena harganya tang terjangkau serta kemampuannya yang sudah sangat mumpuni.

10. Jenis GDDR SDRAM

GDDR SDRAM dengan huruf G artinya Graphic yang bermaksud bahwa GDDR SDRAM khusus dirancang untuk VGA atau video card.

GDDR mempunyai kemampuan yang lebih baik daripada DDR karena mampu request dan receive data pada satu siklus clock.

11. Jenis SO – DIMM

11. Jenis SO – DIMM

SO – DIMM atau (Small Outline Dual in-line Memory Module) adalah jenis memori RAM yang banyak digunakan pada notebook. Fungsinya sama dengan DDRRAM, hanya saja bentuknya yang lebih kecil dan ringkas memang dikhususkan untuk perangkat portable seperti laptop.

Perkembangan kemampuan SODIMM selalu mengikuti perkembangan dari DDR dimana saat ini adalah metode tercepat dengan harga yang masih terjangkau untuk perangkat komputer secara umum.

Itulah ada sekitar 11 Jenis Jenis RAM dan Penjelasanya serta digunakan untuk perangkat apa. Semua fungsi RAM pada dasarnya sama saja untuk menyimpan data sementara sebelum diproses CPU, hanya saja fokus perkembangannya menyesuaikan perangkat serta kemampuan yang lebih tinggi.