Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri RAM Komputer Rusak

Ciri-Ciri RAM Komputer Rusak

Teknoblas.com - Tanda tanda Ram Komputer Rusak kadang tidak kita sadari ketika mulai terjadi. Walaupun RAM termasuk hardware yang notabene minim sekali pergerakan karena terkunci pada satu slot saja tentu juga bisa mengalami kerusakan terutama karena faktor usia.

Sebenarnya ada Ciri-Ciri Ram Komputer Rusak bisa kita sadari dengan beberapa kejadian yang muncul bahkan ketika mulai menghidupkan sampai saat menggunakannya.

Penyebab Ram Komputer Rusak


Salah satu Penyebab Ram Komputer Rusak adalah karena masa pemakaian yang sudah lama atau sebut saja faktor usia, tapi juga ada beberapa faktor lainnya seperti berikut : Komponen Komputer.

1. Tegangan Listrik Rumah Naik Turun

Selain karena masa pakai, tegangan listrik dirumah yang sering naik turun juga bisa menjadi penyebab RAM komputer rusak. Bukan hanya RAM, Power Supply pun sangat rentan rusak karena hal ini.

2. Terjadi Konslet atau Listrik Statis

Kedua bisa jadi penyebabnya karena terjadi konslet di bagian slot RAM ataupun karena adanya listrik statis yang muncul.

3. RAM kurang Tahan Panas

Tidak dapat dipungkiri sangat banyak sekali merek RAM yang dijual dipasaran. Ada beberapa merk yang mengutamakan harga murah tapi material RAM kurang tahan dengan panas dalam waktu lama sehingga bisa mempercepat masa pakai RAM.

4. Tindakan Tertentu

Tindakan OverClocking yang tidak benar juga dapat menjadi penyebab RAM komputer mengalami kerusakan, bahkan semua komponen penting pada motherboard juga bisa rusak secara bersamaan.

5. Cacat Produksi

Yang namanya barang produksi pabrik, tentunya juga bisa mengalami kecacatan ketika dibuat. Jadi jangan bingung kalau ada barang elektronik yang baru dibeli tapi belum lama dipakai sudah mengalami permasalahan.

Tanda dan Ciri Ciri Ram Komputer Rusak


Untuk mendeteksi RAM komputer yang mengalami kerusakan tidak bisa dilihat dari salah satu tanda saja, tapi jika tanda tersebut berbarengan dengan tanda-tanda lain maka bisa dipastikan RAM komputer kamu memasuki masa aus nya.

1. Komputer Mendadak Mati

Saat bekerja menggunakan komputer, tanpa ada pemadaman ataupun masalah dengan asupan daya, maka ada 2 kemungkinan, bisa jadi RAM mulai mengalami kerusakan atau pada Power Supply.

2. Komputer Ter- Restart Sendiri

Seperti pada poin pertama, hanya saja kejadian yang muncul komputer sering merestart sendirinya maka bisa disimpulkan kalau hal itu termasuk salah satu ciri RAM Komputer yang mulai mengalami kerusakan.

3. RAM tidak Terdeteksi atau Jumlah tidak Sesuai

Jika RAM tidak terdeteksi pada komputer atau terdeteksi tapi jumlah yang tertera tidak sesuai dengan jumlah yang terinstal sudah jelas pasti ada masalah dengan RAM nya.

4. RAM tidak Terdeteksi pada Bios

Ketika RAM tidak Terdeteksi pada Bios pada saat komputer dihidupkan, kemungkinan besar tidak lama lagi RAM akan rusak dan mati, atau bisa juga slotnya yang bermasalah.

5. Eror Saat Menginstall Software

RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum ditulis ulang ataupun mulai ditulis pada hardisk, artinya jika sering eror saat menginstal semua jenis software bisa jadi termasuk salah satu Ciri-Ciri RAM Komputer Rusak.

6. Layar Blank Hitam

Tanda ini terjadi ketika komputer dihidupkan, jika layar monitor hanya berwana gelap atau blank hitam saja, kemungkinan jika bukan VGA pasti RAMnya yang bermasalah.

7. Terjadi Blue Screen

Blue Screen selalu terjadi jika ada tanda kerusakan pada hardware yang berfungsi sebagai memori. Bisa RAM bisa hardisk, hanya saja sebagian besar penyebab terjadinya Blue Screen karena ada permasalahan pada bagian RAM.

8. Ada Bunyi "Beep" panjang atau beberapa kali

Muncul bunyi "Beep" bisa panjang atau pendek beberapa kali ketika komputer dihidupkan dan tidak ada tanda-tanda proses loading, maka kamu bisa langsung melakukan pengecekan terhadap kondisi RAM komputer tersebut.

9. Komputer sangat Lemot

Tanda yang berikutnya komputer bisa hidup dengan normal, tapi setelah itu terasa lemot atau lelet yang susah kembali ke kondisi komputer normal.

10. Program-Program susah Diakses

Point ke 10 masih berhubungan dengan poin ke 9 dimana komputer sangat lelet kemudian Software-software yang ada susah untuk digunakan juga menjadi salah satu ciri RAM komputer mulai Rusak.

11. Sering Not Responding

Trouble pada RAM akan mengakibatkan penyimpanan memori sementara tidak berjalan dengan baik sehingga banyak program ataupu OS yang digunakan mengalami Not Responding.

12. Komputer Cepat Panas

Tanda terakhir yaitu komputer menjadi cepat panas saat digunakan. Belum tentu masalah terjadi pada bagian RAM. Hanya saja jika muncul tanda yang lain seperti diatas, maka bisa disimpulkan kemungkinan besar memang RAM komputernya lah yang mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi Ram Komputer Rusak


Yang ada hanyalah Cara Mengatasi Ram Komputer Rusak dan bukan cara memperbaiki RAM yang rusak. Hal ini dikarenakan RAM memang didesain untuk sekali pakai dan bukan untuk di reparasi.

1. Cek Posisi Pemasangan RAM

Jika muncul tanda-tanda masalah dari hardware RAM, maka langkah yang bisa kamu ambil pertama kali adalah dengan mengecek posisi pemasangan RAM apakah terjadi kesalahan atau tidak.

2. Coba Menukar Slot

Kedua jika ada lebih dari satu slot dan memang mendukung dual slot, cobalah untuk menukar RAM antara slot satu dan slot lainnya.

3. Gunakan Penghapus

Jika langkah pertama dan kedua sudah dicoba tapi hasil tetap sama, maka kamu bisa mecoba membersihkan bagian kuningan RAM dengan karet penghapus.

Tujuannya untuk menghilangkan kotoran karat pada pin serta menghilangkan listrik statis yang muncul saat RAM digunakan. Cara Membersihkan RAM Komputer.

Seka pin RAM dengan karet penghapus secara perlahan dan berulang-ulang di kedua sisi. Pastikan komponen-komponen kecil di sekitar pin tidak terkena karet penghapus.

4. Silahkan Beli RAM baru

Jika cara pertama,kedua dan ketiga sudah dilakukan tapi tidak memberikan hasil, maka satu satunya Cara Mengatasi Ram Komputer Rusak adalah membeli dan menggantinya dengan RAM baru.

Pastikan ketika kamu membeli RAM sesuai dengan tipe DDR yang komputer kamu gunakan, tentunya beli yang kapasitasnya lebih besar.