Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Ram Komputer atau Laptop

Cara Membersihkan Ram Komputer atau Laptop

Teknoblas.com - Cara Membersihkan Ram Komputer atau Laptop harus dilakukan jika perangkat kerja yang kita gunakan terasa berat dan lemot. Mungkin belum tentu menjadi solusi, tetapi membersihkan cache dan isi pada RAM adalah langkah awal yang bisa kita lakukan.

Tentunya sudah dipahami bahwa fungsi RAM adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara ketika komputer digunakan, jadi jika data yang tersimpat terlalu banyak dan berat akan menyebabkan Laptop atau komputer menjadi lemot bahkan bisa hang.

Dengan membersihkan isi dari RAM tersebut diharapkan permasalahan lemot akan hilang dan perangkat bisa berfungsi normal kembali.

Penyebab RAM Komputer atau Laptop Penuh

Tentu ada sebabnya kenapa Cara Membersihkan Ram Komputer atau Laptop harus dilakukan secara berkala.

1. Kapasitas RAM Kecil

Sebaiknya cek dulu berapa kapasitas RAM yang tersedia. Jika kapasitas RAM terbilang kecil tapi menjalankan program yang banyak maka beban dari RAM akan berlebih. Cara cek RAM Komputer.

Akhirnya banyak sekali proses program yang menunggu dan diproses acak oleh CPU. Sampai di titik ini akan terjadi kelebihan beban dan komputer akan nge-lag menjadi lambat.

2. Pemakaian Aplikasi Terlalu Berat

Mungkin kapasitas RAM yang digunakan sudah normal sesuai dengan bawaan perangkat yang kita beli. Tapi tunggu dulu, coba cek aplikasi apa saja yang sendang digunakan. Terlalu banyak menggunakan aplikasi besar maka akan semakin banyak pula data yang tersimpan pada RAM.

3. Banyak Aplikasi Aktif di Background Services

Berbeda dengan point pertama dan kedua, salah satu penyebab RAM laptop atau komputer yang penuh adalah karena banyaknya aplikasi aktif di background service.

Memang tidak nampak ada program yang sedang digunakan, tapi pada background sistem banyak sekali program yang sedang bekerja, contohnya update, antivirus ataupun program-program lain dengan setingan otomatis aktif ketika perangkat dihidupkan.

Cara Membersihkan Ram Komputer yang Penuh


1. Lakukan Restart Komputer atau Laptop

1. Lakukan Restart Komputer atau Laptop

Satu-satunya langkah yang akan dilakukan siapapun ketika dirasa komputernya mulai lambat. Dengan merestart laptop atau komputer maka akan menghilangkan semua data pada RAM serta mematikan semua aplikasi yang berjalan dibelakang layar.

Lakukan secara teratur misalnya 4 jam sekali jika komputer kamu gunakan terus menerus, atau ketika sudah jelas terasa nge-lag bahkan jika sampai ada program yang not responding.

2. Cobalah Mematikan Proses yang Tidak Penting

Gunakan fungsi Task Manager pada Windows, Tekan keyboard bersamaan Ctrl + Shift + Esc. Maka jendela Task Manager akan terbuka.

2. Cobalah Mematikan Proses yang Tidak Penting

Cari proses yang dirasa tidak kamu gunakan saat ini, atau proses yang menggunakan memori cukup besar. Cek pada bagian Performance apakah penggunaan RAM masih tinggi atau tidak.

Mematikan Proses yang Tidak Penting adalah teknik manual untuk membersihkan RAM yang terbilang paling ampuh, hanya saja kamu harus paham betul mana proses yang penting dan mana yang tidak.

3. Cari dan Uninstall Program yang Tidak Sering Dipakai

Seiring berjalannya waktu pemakaian komputer pastinya akan banyak aplikasi yang dengan sengaja atau tidak sengaja terinstal pada perangkat.

Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk Unistal program seperti YourUninstaller dan sebagainya. Pilih program yang tidak pernah dan jarang kamu pakai untuk diuninstall.

Kenapa harus Uninstall Program yang Tidak Sering Dipakai ? Inti dari melakukan hal ini yaitu dikhawatirkan banyak program yang tidak terpakai justru memiliki service yang berjalan dibelakang sistem.

Dengan menguninstallnya maka akan membersihkan proses yang tidak penting dan tentunya melegakan penggunakan memori RAM.

4. Matikan Program Berjalan Otomatis saat Komputer Hidup

Untuk mengetahui Program apa saja yang Berjalan Otomatis saat Komputer Hidup kamu bisa menggunakan jendela System Configuration.

Cara membukanya dengan tekan bersamaan tombol Windows dan tombol R yang akan memanggil jendela RUN, ketikkan msconfig.exe kemudian tekan OK.

4. Matikan Program Berjalan Otomatis saat Komputer Hidup

Akan muncul jendela System Configuration, pilihlah bagian Startup dan lihat program apa saja yang berjalan disana. JIka dirasa ada program yang terlalu berat untuk RAM lebih baik di disable saja.

5. Gunakan RAM Cleaner

Nah, kali ini daripada dirasa repot untuk merestart Komputer, maka kamu bisa menggunakan program RAM Cleaner gratis yang banyak tersedia di internet.

Salah satu yang Teknoblas sarankan seperti CleanMem atau RAMRush. Dengan aplikasi tersebut membersihkan RAM akan lebih mudah.

6. Hindari Penggunaan Tampilan Desktop yang Terlalu Berat

Penyebab lain yang sering membuat RAM penuh yaitu menggunakan aplikasi perubah tampilan desktop menjadi beranimasi dan terlihat seperti 3D.

Aplikasi tersebut sangat-sangat memberika beban kepada RAM sehingga ruangan yang tersedia untuk program lain akan berkurang dan perangkat Komputer atau Laptop menjadi berat.

7. Rutin Scanning dan Hapus Virus Malware

Virus atau malware bisa merubah proses sistem menjadi bermasalah ataupun menduplikat berbagai proses yang tidak berguna sehingga membuat RAM menjadi cepat penuh.

Solusinya gunakan Antivirus yang bagus dan lakukan scan virus malware secara rutin agar komputer atau laptop kamu bebas dari penyakit.

8. Upgrade agar Kapasitas RAM Lebih Besar

8. Upgrade agar Kapasitas RAM Lebih Besar

Bukan termasuk cara untuk membersihkan RAM, tapi jika komputer kamu normal-normal saja tidak ada program yang bermasalah tapi RAM cepat penuh karena lembar kerja yang digunakan.

Satu-satunya cara adalah dengan mengupgrade RAM menjadi kapasitas maksimum yang bisa dihandle oleh Motherboard. Intinya beli RAM baru dengan tipe yang sama tapi kapasitasnya lebih besar. Fungsi DDR RAM.

9. Install Ulang Komputer atau Laptop

RAM sudah mumpuni, program tidak penting sudah di uninstall, virus sudah discane rutin tapi komputer masih lemot ?

Cobalah untuk Install Ulang Komputer yang dengan katalain semua file dan data tidak penting akan diformat habis. Barulah install kembali program-program yang hanya kamu butuhkan saja.

Cara Membersihkan Ram Komputer dengan Penghapus


Cara Membersihkan Ram Komputer dengan Penghapus bisa dilakukan jika yang kotor adalah pada bagian fisiknya, bukan karena file didalam RAM yang penuh.

Membersihkan RAM dalam bentuk fisik juga harus dilakukan untuk menghilangkan dan mengurangi listrik statis pada RAM karena kotoran yang menempel pada PIN RAM.

Cukup dengan alat penghapus saja, tapi harus dilakukan dengan pelan dan sangat teliti. Seka penghapus hanya pada PIN RAM, ingat PIN RAM yang berwarna kekuningan di paling bawah dari fisik RAM.

Jangan sampai penghapus mengenai komponen kecil lainnya. Lakukan perlahan dengan berulang-ulang. Setelah selesai kamu bisa meniupnya agar kotoran-kotoran tersebut hilang. Akan lebih baik jika kamu lakukan menggunakan blower.

Penutup

Cara Membersihkan Ram Komputer atau Laptop perlu dan harus dilakukan dalam waktu-waktu tertentu agar kondisi Fisik RAM tetap dalam keadaan bersih dan secara System RAM memiliki ruang memori yang cukup lega untuk semua program-program yang sering digunakan.