Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu DDR VGA, Arti, Fungsi, dan Perbedaan DDR1,2,3,4,5 dan 6 pada VGA Komputer

Apa itu, Arti, Fungsi, dan Perbedaan DDR1,2,3,4,5 dan 6 pada VGA Komputer

Teknoblas.com - Sebenarnya Apa itu arti dari DDR VGA ? DDR VGA adalah sebutan sebuah proses dimana bus komputer mentrasfer instruksi data 2x dalam satu siklus Clock pada VGA.

Fungsi DDR VGA tentu saja semakin tinggi serinya maka semakin cepat prosesnya. Selain pada VGA, proses ini juga terdapat pada DDR RAM.

Ketika kita akan membeli VGA komputer secara online atau offline, pada keterangan VGA pasti tertera DDR/DDR1, DDR2, DDR3, DDR4, DDR5 dan yang terbaru ketika artikel ini diupdate sudah ada DDR6.

Arti, Fungsi, dan Perbedaan DDR pada VGA


DDR (Double-Data-Rate) pada VGA pada intinya memberikan informasi jenis atau generasi serta kecepatan dari VGA tersebut. Pada VGA ada komponen yang mentrasfer data 2x lebih cepat dalam satu siklus Clock, itulah arti DDR.

Sedangkan angka 1,2,3,4,5 dan 6 dibelakang DDR adalah versi generasi perkembangan dari proses DDR tersebut contohnya DDR (Double-Data-Rate) generasi pertama, DDR2 generasi ke 2, DDR3 generasi ke 3 dan seterusnya sampai generasi ke 6.

Kesimpulannya, VGA dengan DDR generasi berapapun tetap dapat dipasangkan pada motherboard asalkan jenis slot pada VGA sama dengan slot yang ada pada motherboard.

Ada 2 jenis Slot pada VGA yaitu AGP (Accelerated Graphics Port) dan PCIe (Peripheral Component Interconnect Express). Cara mengetahui jenis slot VGA pada motherboard cukup mudah, selain sudah tertera pada kardus kemasannya, kamu bisa buka casing motherboarnya dan lihat slotnya.

Jika slot berbentuk panjang dan pemisahnya sekitar 2cm di sebelah kiri artinya motherboard kamu menggunakan slot PCIe, jika slot pendek dan pembatasnya berada di tengah artinya menggunakan slot AGP.

perbedaan slot PCIe dan AGP

Tidak semua motherboard memiliki slot AGP dan PCIe sekaligus, jadi pilihlah VGA yang jenis slot nya sama dengan jenis slot pada motherboard.

Selain pada VGA, DDR juga terdapat pada memory atau RAM. Tentu saja RAM dan VGA termasuk salah satu bagian dari komputer. Bagian komputer lainnya bisa kamu lihat di : Komponen Komputer Lengkap Beserta Fungsinya.

Berikut perbedaan kecepatan tiap jenis DDR pada VGA mulai dari DDR1 atau yang disebut dengan DDR saja, sampi jenis DDR5.

VGA DDR1

Kecepatan proses vga DDR1 untuk saat ini bisa dibilang sangat rendah, hanya mencapai sekitar 400MHz saja.

VGA DDR2

Kecepatan VGA DD2 sudah di atas DDR1 yaitu sekitar 400 MHz sampai 1000MHz

VGA DDR3

VGA DDR3 memiliki kecepatan proses yang sudah lumayan baik, jenis DDR ini masih banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Kecepatan DDR3 mencapai 1200 MHz sampai 1800MHz. Perbedaan VGA DDR3 dan DDR5.

VGA DDR4

VGA DDR4 sudah sangat mumpuni untuk komputer dengan spesifikasi gamers. Kecepatan prosesnya mencapai 1800 MHz sampai dengan 2200MHz

VGA DDR5

VGA DDR5 masih menjadi jenis VGA terbaik karena kecepatannya yang tinggi antara mencapai 3600MHz sampai dengan 4000MHz (4GHz). Kalau kamu cukup dari sisi pendanaan, lebih baik beli vga jenis ini.

VGA DDR6

Sekarang sudah muncul VGA DDR6 dengan kecepatan luar biasa, Boost Clock sampai 1800 MHz dan yang keren Memory Clock Speed bisa sampai 14 Gbps. Hampir 3x lebih cepat dari DDR 5.

Garis Besar Fungsi DDR pada VGA


Semakin tinggi jenis ddr vga yang dipakai pada komputer, maka akan semakin baik pula peforma kinerjanya. Jenis DDR pada vga tidak berpengaruh pada DDR RAM.

Pada dasarnya motherboard yang sudah terpasang RAM dengan DDR berapapun tetap dapat dipasang VGA dengan DDR1 sampai DDR5.

Tapi jika mempertimbangkan dari sisi kinerja komputer, akan lebih baik jika sudah menggunakan RAM dengan DDR tinggi , pilihlah VGA dengan jenis DDR yang bagus juga.

Perbedaan VGA DDR3 dan DDR5

Sebagai contoh solusi dari masalah yang sering muncul yaitu adanya satu produk dengan nama merk yang sama tapi yang satu menggunakan DDR3 dan satunya lagi DDR5, terus apa bedanya sih ? Kan merknya sama?

Kira kira latar belakangnya masalahnya seperti itu. Intinya kalau slot VGA nya sama belilah VGA dengan DDR5 karena kecepatan proses dan trasnfer datanya lebih cepat.

Perbedaan VGA DDR3 dan DDR5 untuk merk yang sama sudah jelas kecepatan dan proses data VGA dengan DDR5 akan lebih cepat dan lebih baik.

Cara Menghitung Kecepatan VGA

Ketika memilih VGA, besar memori ram VGA bukan menjadi acuan kecepatan dari sebuah VGA. Memori Ram VGA biasanya tertera dengan satuan 256MB, 512MB, 1GB, 2GB dan seterusnya.

Faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kecepatan VGA sebenarnya adalah pada Memory Clock dan BIT dari VGA.

Memori Ram VGA (VRAM)

Memori Ram VGA pada dasarnya tidak terlalu berpengaruh pada kecepatan dari sebuah VGA. Fungsi dari memori Ram VGA adalah sebagai penampung proses tampilan resolusi monitor yang digunakan, jadi kalau monitor yang digunakan memiliki jumlah resolusi yang tinggi, kamu harus memilih VGA dengan VRAM yang lebih besar juga.

BIT pada VGA

Fungsi Bit VGA bukanlah pengatur ketajaman warna tetapi satuan lebar jalur data yang dimiliki oleh sebuah VGA, dengan nilai BIT yang lebih tinggi maka proses penampilan warna akan jadi lebih baik.

Memory Clock

Memory Clock pada VGA adalah satuan besar jumlah data yang dapat di olah pada satu waktu. Jika GPU Clok adalah kecepatan dari prosesor vga untuk mengolah data.

Memori Clock lebih seperti ruangan untuk tempat data yang siap diproses ke GPU, Sedangkan BIT sebagai lebar pintu masuknya data yang siap diproses.

Dari deskripsi diatas, dapat terlihat bahwa BIT dan Memori Clock lebih berpengaruh terhadap kecepatan sebuah VGA. Untuk Cara menghitung kecepatan VGA dapat menggunakan rumus :

( BIT * Memori Clock ) / 8

Contoh seperti berikut :
Misalnya ada 3 buah VGA dengan jenis yang sama DDR3 dengan memory clocknya 1800Mhz.

-VGA 1, VRAM 1Gb , 64Bit
-VGA 2, VRAM 512MB, 128Bit
-VGA 3, VRAM 128MB, 256Bit

Sekarang kita hitung kecepatan tiap masing-masing VGA.

VGA 1 : ( 64 * 1800 ) / 8 = 14400 atau 14,4GB/s
VGA 2 : ( 128 * 1800 ) / 8 = 28800 atau 28,8GB/s
VGA 3 : ( 256 * 1800 ) / 8 = 57600 atau 57,6GB/s

Dari perhitungan tersebut didapat data bahwa dengan jenis VGA DDR3 1800Mhz, VGA ke 3 memiliki proses yang paling cepat dari pada yang lainnya, bahkan 2x lebih cepat daripada VGA 2. Tentu saja jumlah VRAM harus menyesuaikan ukuran tinggi resolusi dari layar monitor yang kamu gunakan.

Kesimpulan DDR pada VGA

Kesimpulan dari perhitungan kecepatan VGA adalah jangan melihat vga karena jumlah nilai VRAM yang tertera, tetapi hitung dengan teliti kecepatan prosesnya. Dan yang paling penting kalau mau beli VGA, usahakan beli dengan DDR generasi tertinggi.

Carilah informasi lebar nilai BIT , memori clok dan jenis generasi DDR nya setelah itu barulah sesuaikan memori VRAM dengan resolusi monitor yang akan digunakan.